Referensi pihak ketiga
10Berita , Seperti diberitakan di media, pemerintah sudah berupaya penuh menanggulangi bencana di Palu, bahkan disebutkan bencana itu bukan menjadi bencana nasional karena lingkupnya masih kecil. Mungkin itu dinilai jika orang bukan di Palu, lalu bagaimana dengan rakyat di Palu dan juga relawan?

Tribunnews.com
Dilansir dari laman Radarpribumi.com (17/10/18) surat terbuka dari seorang relawan benar-benar menampar pemerintahan sekaligus juga orang lain yang belum menyumbang apapun di Palu. Namanya Muhammad Ihsan Kitta, dia menulis bagaimana para pemangku jabatan maupun relawan sama-sama telah gagal menjadikan bencana Palu diselesaikan dengan baik.
Semuga seolah menjadi sangat tidak seperti yagn diimpikan oleh para relawan dan korban di Palu.
Isi surat itu adalah sebagai berikut intinya;

Referensi pihak ketiga
Diawali dengan salam dan ucapan pada Bapak Jokowi selaku Presiden. Muhammad Ihsan mengatakan bahwa dia mengucapkan terima kasih mewakili Relawan bahwa hari kedua Pak Jokowi sudah hadir namun sayang Para Relawan tak bisa menyambut karena harus berjaga penuh di RS dan tempat-tempat korban membutuhkan pertolongan.

Referensi pihak ketiga
Muhammad Ihsan dan juga relawan tak bisa antri sekedar bersalaman dan menyiapkan kamar operasi dan fasilitas RS agar korban segera tertangani. Selain itu juga tak bisa jadi saksi melihat bungkusan bantuan dari Istana.
Namun, Muhammad Ihan jujur mengakui Presiden dan para relawan telah gagal di Palu karena banyak korban tak bisa terselamatkan pada waktunya karena lebih mementingkan urusan birokrasi dan lamanya waktu penyelamatan dan penanganan.

Voaindonesia.com
Satu lagi, sempat terbayang di pikiran relawan Pak Jokowi akan selalu ada hingga masyarakat Palu merasakan betul ada bapak disana namun faktanya Pak Jokowi langsung balik dan lebih mementikan acara IMF ketimbang bersama para korban yagn tengah menjerit kesakitan.
Selain itu, Pemerintah juga terlihat memperlambat para relawan dari Luar negeri dengan urusan birokrasi sehingga banyak nyawa yagn akhirnya tak terselamatkan.
AKhinrya, Muhmmad Ihsan berharap jika ada bencana lagi harus ada pemimpin yang hadir dan lebih mementingkan rakyatnya dan merasa itu bagian dari tubuhnya dan bukan sekedar memberi bantuan dan berhenti sejenak.
Semoga ditabahkan dan menjadi contoh ke depannya agar lebih baik dalam menangani bencana alam ya Guys. Amin.
Sumber :