Sandiaga Uno
10Berita, 'Salah langkah' Sandiaga Uno saat menziarahi makam salah satu pendiri NU, KH Bisri Syansuri mendapat respons KH Abdussalam Sohib (Gus Salam). Pengasuh Pesantren Manbaul Ma'arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur, meminta polemik tersebut diakhiri.
Gus Salam yang juga cicit Kiai Bisri mengatakan, cawapres nomor urut 2 itu sudah meminta maaf. Secara pribadi, keluarga besar pesantren, dan sebagai sesama Muslim harus memaafkan.
Gus Salam dikutip Kompas, Selasa (13/11/2018), menyadari peristiwa yang terjadi saat itu berlangsung secara spontan. 'Salah langkah' Sandiaga itu bukan kesengajaan. Justru, permintaan maaf yang tulus dari Sandiaga itu harus diapresiasi dan menjadi pembelajaran bagi semua pihak, khususnya warga Nahdliyin. Sebagai santri, sebagai warga Nahdliyin selalu memaafkan orang yang salah dan sudah minta maaf.
Sandiaga Uno. Suara
Polemik muncul terkait tata cara Sandiaga saat berziarah. Sejumlah kalangan menyoal cara Sandiaga saat berada di makam Kiai Bisri pada 22 Oktober 2018. Berdasarkan video yang beredar viral berdurasi 15 detik tampak Sandiaga menziarahi makam Kiai Bisri dan menaburkan bunga. Pada salah satu adegan, Sandi tampak melangkahi makam Kiai Bisri.
Tayangan dalam video itu kemudian memunculkan reaksi banyak orang, terutama warga Nahdliyin, sebab cawapres nomor urut 02 itu dianggap tidak memiliki tata krama dan tidak mengerti tata cara berziarah.
Sandiaga Uno. Warta Kota