Referensi pihak ketiga
10Berita, Petani merupakan seseorang yang sangat berjasa sekali terhadap kita semua, dengan keberadaannya kita bisa menikmati nasi putih setiap harinya. Oleh karena itu doakan mereka agar tetap lestari dan ada penerusnya di kemudian hari saat mereka telah tiada.
Bagaimana sahabat zie, apakah kalian sudah mendoakan para petani, agar tetap sehat dan semangat dalam bercocok tanam? Nah kalau sudah sekarang zie ingin mengajak sahabat sekalian untuk melihat salah satu metode untuk bercocok tanam, yaitu dengan menggunakan cangkang telur.

Referensi pihak ketiga
Kalian bisa mendadak jadi petani amatiran di pekarangan rumah hanya dengan bermodalkan media tanah secukupnya dan cangkang telur sebagai pupuk alaminya.
Selama ini kita sering membuang cangkang telur sembarangan dan tidak memanfaatkannya untuk pupuk alami sebuah tanaman di pekarangan kita, untuk itu mulai sekarang marilah kita menyimpan cangkang telur ini supaya bisa menjadi lebih bermanfaat daripada hanya sekedar dibuang.
Seperti dilansir dari laman www.agrobis123.com Sabtu, 3/11/18 Cara Memanfaatkan Cangkang Telur
1. Buat teh cangkang telur.
Rebuslah air satu galon, kemudian letakkan 10 butir cangkang telur. Cangkang telur harus sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya. Biarkan rendaman cangkang itu semalaman kemudian saring dan kocorkan langsung ketanah. Cangkang ini solusi jangka pendek untuk memecahkan kekurangan kalsium dan potassium.
2. Remasan Cangkang Untuk Melawan Keong
Siput, keong dan slug (siput tidak bercangkang) adalah hama tanaman yang tak jarang menyantap tanaman tanaman muda. Sering kali benih yang baru dipindahkan ketanah habis dimakan oleh mereka. Cangkang telor yang diremas kasar ialah pertahanan yang bagus untuk melawan siput.
3. Remasan cangkang untuk pengisi pot.
Ini adalah solusi penyediaan kalsium dan potassium untuk jangka panjang. Remaslah cangkang telur dan letakkan didasar pot atau campur dengan media tanam. Cangkang itu pelan pelan akan hancur dan menjadi nutrisi tanaman dalam jangka panjang.
4. Bubuk cangkang telur
Cangkang telur dapat diblender atau ditumbuk sampai halus kemudian disimpan (dijadikan stok). Penggunaannya : bisa ditaburkan disekeliling tanaman, bisa dicampurkan dengan media tanam, bisa juga ditaburkan dalam komposter sebagai salah satu bahan organik yang akan dikomposkan. Kompos yang sudah matang, akan kaya kalsium berkat bubuk cangkang itu.

Referensi pihak ketiga

Semoga bermanfaat
Sumber: www.agrobis123.com