OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 28 November 2018

Survei Median: Elektabilitas Jokowi-MA di Bawah 50%

Survei Median: Elektabilitas Jokowi-MA di Bawah 50%

Sumber Foto Ngopibareng.idIlustrasi

10Berita, JAKARTA--Media Survei Nasional (Median) hari ini Selasa (27/11) mempublikaikan hasil surveinya mengenai pasangan Capres Joko Widodo-Ma"ruf Amin masih unggul dibandingkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, namun elektabilitasnya berada di bawah 50%.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun mengatakan, survei dilakukan pada 4 sampai 16 November 2018. Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengn selisih 12,2%. Adapun respondn yang belum menentukan pilihan sebanyak 16,8%.

Jumlah respondennya sebanyak 1.200. Pasangan Jokowi-Ma'ruf masih unggul dengan elektabilitas 47,7% sedangkan Prabowo-Sandi 35,5%.

Rico menuturkan, survei yang dilakukannya memberikan peringatan kepada kedua pasangan calon. Mereka harus bisa menyelesaikan kegelisahan masyarakat. Menurutnya, dengan status kepala negara, Jokowi harus bisa menemukan solusi dari beberapa persoalan.

Menurut Ribo, ada sejumlah persoalan yang menimbulkan kegelisahan masyarakat, antara lain, tingginya beban pembayaran listrik, harga kebutuhan pokok, sulitnya mencari pekerjaan.

Survei ini dilakukan dilakukan dengan metode secara random dengan teknik multistage random sampling. Responden dalam survei ini sebanyak 1.200. Margin of error dalam survei ini sebesar kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber : sinar harapan  Berita:Berbagai sumber