10Berita  Bencana Tsunami yang melanda wilayah pesisir Banten dan Lampung menyisakan duka bagi seluruh rakyat Indonesia. Tsunami yang terjadi pada sabtu, 22 desember 2018 itu terjadi tidak didahului dengan gempa bawah laut terlebih dahulu yang biasa terjadi seperti Tsunami lainnya. Peristiwa ini pun mendapat perhatian dari berbagai pihak, tak terkecuali para pemimpin negeri ini yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden RI Joko Widodo. Seperti dilansir dari Detiknews.com (24/12/2018), Jokowi langsung menuju anyer yang merupakan wilayah terparah yang terkena bencana. Terlihat Jokowi sedang berada dipinggir pantai menyaksikan sisa-sisa dahsyatnya gelombang yang menerjang. Memakai kemeja putih dan celana jeans, jelas terlihat dibelakangnya puing dan reruntuhan bangunan yang sudah tidak terbentuk. Kepada wartawan, Jokowi menyerukan agar semua elemen membantu warga yang menjadi korban Tsunami.

Gelora.co
Jokowi saat meninjau lokasi terdampak tsunami di anyer

News.detik.com
Sementara itu Gubernur Jakarta Anies Baswedan memilih membantu korban tsunami dengan mengunjungi rumah sakit tarakan yang merupakan tempat rujukan bagi korban yang selamat ataupun meninggal. Anies terlihat membaur dengan tenaga kesehatan yang hiruk pikuk mengurus para korban. Bahkan Anies turut membantu dengan menanggung biaya perawatan korban yang dirawat di RSUD Tarakan, semuanya ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta.

News.okezone.com


News.detik.com


"Bagi yang dari rumah sakit Tarakan, kalau tidak kita rujuk ke rumah sakit yang lain. Semua biaya yang terkait pengobatan, dan lain lain, yang termasuk yang meninggal seluruhnya di-cover oleh Pemprov DKI," ujar Anies.