Mediajakarta.com
Hasil survei yang dirilis oleh indomatrik soal pilihan masyarakat di pulau Jawa dan Sumatera baru-baru ini menunjukkan pasangan Prabowo-Sandi berhasil mengungguli pasangan Jokowi-Ma'ruf.
Seperti dilansir dari laman web Suararakyat.com - Dalam survei itu, mayoritas masyarakat mendukung pasangan Prabowo-Sandi. Pasangan nomor urut 02 tersebut memperoleh suarasebanyak 48,87 persen, sementara pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf cuma memperoleh suaradi 46,05 persen, (25/10/18).
Lembaga survei Indomatrik memberi alasan bahwa pasangan Prabowo-Sandi menang karena unggul di tiga daerah, yaitu DKI, Banten, dan Jawa Barat. Di daerah itu rata-rata para pemilih menginginkan adanya pergantian pemimpin di 2019 mendatang.
Sehubungan dengan itu, pasangan Jokowi-Ma’ruf juga mengalami nasib yang sama di Pulau Sumatera. Kubu petahana di daerah tersbut cuma mendapat suara 43,30 persen. Hal itu berbanding terbalik dengan perolehan suara pasangan Prabowo-Sandi 48,75 persen. Kubu petahana cuma unggul di wilayah seperti Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Papua dan Maluku.
Indomatrik melakukan survei di 34 provinsi dengan jumlah 1.800 responden, minimal usia 17 tahun ke atas, margin of error sebesar 2,4 persen dibarengi dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Sumber:
Suararakyat.com