Kanker prostat adalah tak terkendalinya pertumbuhan sel-sel dalam kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar kecil yang berada di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi.
dokter.id
10Berita, Prostat berfungsi membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.
Pada umumnya, kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar. Namun ada kanker prostat ada yang bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat.
palembang.tribunnews.com
Oleh karena itu tak ada salahnya kalau kita mengetahui tentang gejalanya. Agar bisa mendapat penanganan sedini mungkin.
Gejala Kanker Prostat
Seperti dilansir dari laman www.alodokter.com, kanker prostat mungkin saja tidak menimbulkan gejala apa pun pada tahap awal. Gejala kanker prostat akan muncul ketika prostat mengalami pembengkakan dan mulai memengaruhi uretra. Beberapa tanda dan gejala yang muncul ketika ini terjadi adalah:
  • Frekuensi buang air kecil yang lebih sering
  • Merasa nyeri atau panas pada penis saat buang air kecil atau ejakulasi
  • Kandung kemih terasa selalu penuh
  • Urine atau air mani bercampur darah
  • Urine yang keluar tekanannya berkurang
Biasanya, tanda maupun gejala kanker prostat akan muncul ketika kanker sudah menyebar keluar dari prostat.
alodokter.com
Meski penyebab munculnya kanker prostat masih belum diketahui. Tapi faktor keturunan atau genetik dan usia seseorang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker prostat. Jadi akan lebih baik jika kita segera memeriksakan kondisi kita bila terjadi gejala- gejala di atas untuk memastikannya.

Sumber :