pensilwarna.info
10Berita, Ada sebuah kepercayaan jika kita tidur sebelum atau saat maghrib akan menyebabkan suatu yang buruk bagi kita. Tak bisa dipungkiri, waktu sore atau maghrib merupakan waktu yang sangat sakral, pada waktu tersebut merupakan perpindahan dari siang ke malam, atau dalam istilah Jawa disebut sandekala/sendekala.
Bukan tanpa alasan masyarakat sangat mempercayai kepercayaan tentang larangan tidur sebelum maghrib atau saat maghrib tiba. Mulai dari tradisi hingga soal dunia kesehatan ada alasan mendasar.
Detik.com
Dalam dunia medis, tidur di waktu sore atau maghrib memang memiliki efek yang buruk bagi kesehatan fisik serta psikologi. Menurut hasil penelitian, tidur di waktu sore atau maghrib bisa mengakibatkan mual, muntah, pusing, hingga masuk angin, hal itu karena perbedaan persepsi mengenai kondisi di alam mimpi dengan kondisi lingkungan sekitar.
Tak cuma itu, bahaya tidur sore atau maghrib juga bisa mempengaruhi psikis kita, yang mana kita akan merasakan kebingungan atau linglung. Hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan persepsi yang di terima otak, jadi misal kamu lihat jam setengah 7 sore, kamu kira jam setengah 7 pagi.
Dalam islam juga dipercaya jika tidur sebelum atau saat maghrib itu dilarang, dikarenakan kita harus melakukan kewajiban kita yaitu Sholat Maghrib dan juga sudah dijelaskan dalam islam pada waktu pergantian siang dan malam merupakan waktu munculnya setan yang bisa menjerumuskan kita.
Selain itu, tidur waktu maghrib merupakan hal yang sia - sia, karena pada saat tersebut merupakan waktu mustajab untuk berdoa dan meminta sesuatu kepada Allah SWT. Jadi itu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, contohnya bertadarus atau membaca Al Qur'an.
pensilwarna.info
Dalam tradisi Jawa juga dipercaya tidur pada waktu sore atau maghrib merupakan pamali karena bisa membuat seseorang menjadi gila, terutama jika hal tersebut dilakukan secara berturut-turut selama 40 hari, maka akan mengakibatkan gila permanen! Serem kan.
Sedikit tambahan dari saya, alasan saya membuat tulisan ini karena beberapa waktu lalu saya tak sengaja tertidur sekitar jam setengah 6 sore karena saya sangat capek. Dan waktu saya bangun sekitar jam 9 malam, kepala saya mendadak pusing, saya melihat benda - benda yang ada di sekitar saya seperti berputar - putar dan hal tersebut semakin marah ketika saya bangun dari tempat tidur saya. Terasa sangat pusing dan mual sampai - sampai saya muntah, dan efek dari kesalahan saya tidur di waktu maghrib terasa sampai 5 hari hingga akhirnya sembuh sendiri. Sejak saat itu, meskipun capek saya lebih memilih menahan rasa katuk dengan berbagai cara sampai waktu Isya tiba.
Nah dari pembahasan kita di atas, kesimpulannya adalah jangan kita tidur di waktu sore atau maghrib ya kawan. Dari pandangan Agama, Budaya serta Kesehatan sudah di jelaskan dan semuanya sepakat jika tidur pada waktu sore atau maghrib memiliki efek yang buruk bagi kita dan saya telah mengalaminya sendiri. Sekian, semoga selalu bisa bermanfaat dan menginspirasi.(maz dwik)

Sumber : pensilwarna.info, UC News