Image: Skyscrapercity.com
10Berita  Kamu tahu kan Burj Khalifa? Burj Khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia yang tingginya mencapai 828 meter. Sejak dibuka tahun 2010 dan sampai saat ini, Burj Khalifa masih memegang rekor "The Tallest Building In The World."
Namun tidak lama lagi, rekor tersebut akan diambil oleh gedung yang masih dalam tahap konstruksi ini. Yap, namanya adalah Jeddah Tower. Menara ini terletak di Jeddah, Saudi Arabia, yang dirancang dengan ketinggian mencapai 1008 meter (3.307 kaki) dan targetkan rampung pada 2020.
Pencipta sekaligus pemimpin dari megaproyek ini adalah Pangeran Alwaleed bin Talal. Pangeran Alwaleed bin Talal bekerja sama dengan arsitek asal Chicago bernama Adrian Smith dari firma Adrian Simth + Gordon Gill Architecture (AS + GG) yang juga merupakan perancang menara Burj Khalifa, untuk mendesain megaproyek ini.
Image: unik-go.blogspot.com
Menara ini dibangun menghadap Laut Merah, dan memiliki berbagai fasilitas mewah di dalamnya. Diantaranya hotel bintang lima "Four Season," apartemen, kantor, restoran mewah, tempat belanja, dan tempat observasi terbuka setinggi 660 meter.
Meskipun begitu, proses pembangunan menara ini dihadapkan oleh sejumlah masalah. Proses konstruksi ini membutuhkan beton sebanyak 5,7 juta kaki persegi dan 80 ribu ton baja, tentu sangat sulit mengirim beton-beton tersebut ke lantai tertinggi.
Image: cnn.com
Image: Skyscrapercity.com
Image: Skyscrapercity.com
Selain itu lokasi pembangunan yang terletak di kawasan pantai membuat pondasi menara harus mampu menghadapi gempuran air asin dari perairan disekitarnya, serta harus membuat menara ini mampu berdiri kokoh melawan terpaan angin.
Proses pengerjaan menara ini dimulai sejak tahun 2013 dan telah beberapa kali berhenti karena kendala ekonomi dan masalah politik di negara tersebut. Bahkan sampai saat ini belum ada kabar terbaru mengenai proses kontruksi menara tersebut.
Pemilik hak cipta: Abim
Kabar terakhir yang didapat pada Desember 2016 lalu mengatakan pembangunan Jeddah Tower baru mencapai 47 lantai dari 167 lantai yang direncanakan. Meskipun begitu, Pangeran Alwaleed bin Talal tetap yakin jika pembangunan menara yang memakan dana sebesar US$ 1,23 miliar atau lebih dari Rp 13 triliun ini bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditargetkan.
Sumber:
Properti.kompas.com/read/2016/09/20/104212521/pembangunan.pencakar.langit.setinggi.1.kilometer.terhenti
Infrastructureasiaonline.com/id/international/pembangunan-jeddah-tower-tetap-dilanjutkan-oleh-arab-saudi
Skyscrapercity.com/showthread.php?t=525819
Republika.co.id/berita/jurnal-haji/berita-jurnal-haji/17/05/15/opye8o377-bangunan-tertinggi-di-dunia-jeddah-tower-selesai-2019
kabar24.bisnis.com/read/20180119/19/728359/jeddah-tower-bakal-jadi-gedung-pencakar-langit-ini-21-gedung-tertinggi-di-dunia