10Berita  Anda tinggal di mana? Di Jakarta? Berdasarkan data di Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta adalah kota dengan biaya termahal di Indonesia.
Jika Anda tertarik untuk pindah atau merantau, lebih pilih kota yang mengasyikkan tapi biayanya murah. Dimana?
Inilah enam kota dengan biaya hidup paling murah di Indonesia, seperti yang dilansir di pegipegi.com (25/11/18).
6. Probolinggo
probolinggo.org
Anda cukup mengeluarkan biaya hidup Rp 3,2 juta per bulan jika mendiami kota ini. Jangan kaget, Rp 3,2 juta itu diperuntukkan untuk satu keluarga yang terdiri dari empat orang.
5. Banyuwangi
netralnews.com
Umumnya, biaya hidup di Banyuwangi mencapai Rp 3 juta per bulan untuk satu keluarga. Kota yang terkenal dengan ‘klenik’ ini pun menyediakan pariwisata yang menakjubkan. Di antaranya gunung Ijen, gunung Raung dan lain sebagainya.
4. Purwokerto
trenpurwokerto.com
Purwokerto tergolong sebagai kota kecil namun banyak tempat wisata. Di antaranya air terjun Curug Gede, Curug Bayan, Balai Kemambang dan lain sebagainya. Anda cukup mengeluarkan Rp 1 juta setiap bulan untuk biaya hidup di sana.
3. Cirebon
hipwee.com
Sekitar Rp 600-800 ribu harus Anda keluarkan jika tinggal di Cirebon. Kota ini menyediakan berbagai kuliner yang sangat enak, seperti ketopral, nasi jamblang dan lain sebagainya. Jadi, jangan khawatir tidak betah jika tinggil di sini.
2. Solo
surakarta.go.id
Kota di Jawa Tengah ini memiliki banyak kuliner yang perlu Anda cicipi. Dan ketahuilah, ada banyak makanan enak yang harganya hanya Rp 5 ribu di sana. Jadi, tidak heran jika Anda hanya mengeluarkan sekitar Rp 500 ribu setiap bulan untuk biaya hidup.
1. Yogyakarta
kompasiana.com
Banyak anak muda yang merantau ke Yogyakarta untuk kuliah. Ya, selain biaya hidup di sana murah, kota ini juga menyediakan banyak pariwisata dan makanan khas yang sangat enak. Tidak heran, jika banyak turis juga datang ke sini.
Itulah enam kota dengan biaya paling murah di Indonesia, seperti yang dilansir di pegipegi.com (25/11/18). Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.
Sumber : UC News