OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 16 Januari 2019

Dr Salim Said: Media Dulu Hadapi Penguasa Jelas, Sekarang Penguasanya Tak Jelas

Dr Salim Said: Media Dulu Hadapi Penguasa Jelas, Sekarang Penguasanya Tak Jelas

10Berita  - Budayawan Salim Said menyebutkan, pekerja media lebih enak zaman Orde Baru ketimbangan sekarang ini. Sebab, pada zaman ini pemerintah tidak memiliki kejelasan.
Hal itulah yang diungkapkannya dalam diskusi Spesial Hut ke-3 CNN Indonesia dengan tema"Tantangan Media di Tahun Politik" di Jakarta, Sabtu (15/12).
"Generasi saya ini memang ada kekuasaan dan pemilik modal tetapi mereka (pimpinan redaksi, red) menghadapi pemerintahan yang tidak jelas. Di zaman kami penguasa jelas saya punya kekuasaan kamu jangan ikut-ikutan," jelasnya.
Memang, Salim Said menyatakan, bahwa ketika zaman Orde Baru ada perdebatan di meja redaksi terkait keberadaan media sendiri. "Sekarang ini takut oleh pemilik modal, dulu kami akan penguasa jelas masih ada idealisme," ungkapnya.
Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Dewan Redaksi CNN Indonesia, Desi Anwar berharap agar penguasa tidak seperti zaman Orde Baru.
"Kita harap media tidak seperti yang lalu dimana media dibawah bayang-bayang penguasa. Mudah-mudahan itu tidak terjadi lagi seperti bung Arswendo Atmowiloto (yang sempat dipenjara pada masa Orde Baru)," tuturnya.
Sementara itu, pimpinan Redaksi Tempo, Arif Zulkifli menyebutkan, bahwa media terjebak dengan netralitas.
"Secara organik media suka terjebak dengan netralitas karena memang media itu bebas dalam menentukan pilihannya asalkan bisa menjelaskan penilaiannya," tuturnya.(Jft/Skala)
Sumber : Konfrontasi