OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 07 Januari 2019

Mantan Komisioner KPU Geleng-Geleng Kepala Lihat Kinerja KPU Sekarang

Mantan Komisioner KPU Geleng-Geleng Kepala Lihat Kinerja KPU Sekarang

10Berita –   Sikap KPU yang meniadakan penyempaian visi-misi serta memberi bocoran daftar pertanyaan terus menuai respons. Mantan komisioner KPU RI hanya bisa geleng-geleng kepala. Prihatin.
Mantan komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay sedih melihat lembaga penyelenggara itu kini jadi bulan-bulanan. KPU menjadi sasaran kekecewaan sejumlah pihak. Paling menyedihkan, kesan yang muncul bahwa lembaga itu tidak independen lagi.
“Melihat sisi pasar dan masyarakat, dari sisi pemilih saya kira tidak pas, bagaimana respons semua kelihatan kecewa ya, tidak setuju bahkan agak kasar menuduh KPU tidak netral, KPU aneh, dan seterusnya,” kata Hadar, Senin (7/1/2019).

Lebih lanjut, Hadar juga menyebut KPU sebelumnya tidak pernah memberikan usulan pertanyaan diberitahu sebelum debat. Sebab, pemilih tidak bisa membedakan kelebihan dan kekurangan capres-cawapres bila pertanyaan debat sudah diberitahu sebelumnya.
“Belum pernah memberikan kisi-kisi sebelum debat, dan tidak pernah dipikiran kami. Kalau dulu ada yang mengusulkan itu, tidak kami izinkan. Ya namanya kita sedang membuat format debat, dimana akan bisa melihat perbedaan mereka, ya tidak kami kasih tahu dong. Jangankan pertanyaan, kisi-kisi tidak kami berikan,” jelas Hadar.



Sumber : Eramuslim