Juru Bicara TKN Razman Arif Nasution. RMOL
10Berita, Pembebasan ustaz Abu Bakar Ba'asyir (ABB) dengan alasan kemanusian menjadi polemik tajam. Terpidana teroris itu tegas menolak untuk ikrar kepada Pancasila. Muncul tudingan pembebasan pentolan pesantren Ngruki itu bagian dari politik Pilpres Jokowi?
Tuduhan ada niat politis di balik pembebasan ustaz ABB langsung ditolak Tim Kampanye Nasional calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Razman Arif Nasution, juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf dalam perbincangan dengan tvOne, seperti dilansir viva.co.id, Senin (21/1/2019) mengatakan, pembebasan itu tak berhubungan dengan politik praktis, terutama pemilu presiden.

Abu Bakar Ba'asyir dan Yusril Ihza Mahendra. Suara.com
TKN menolak tudingan sebagian kalangan bahwa Jokowi sengaja memutuskan membebaskan ustaz ABB menjelang pemilu demi meningkatkan elektabilitasnya. TKN merasa kecolongan karena Yusril Ihza Mahendra dinilai jalan sendiri tanpa berkoordinasi dengan TKN. Yusril sebagai penasihat hukum TKN, bukan penasihat hukum Presiden sudah seharusnya melakukan koordinasi.
Terlepas dari dugaan manuver Yusril? Kebijakan pembebasan ustaz ABB menjadi blunder Jokowi. Pasalnya, banyak kalangan yang menyayangkan Jokowi memberikan keringanan kepada teroris yang jelas-jelas penjahat kemanusian.

Yusril dan Jokowi. Kompas.com

Artikel ini tidak mewakili pandangan UC