OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 30 Januari 2019

Sukses Berbisnis di Usia Muda? Siapa takut

Sukses Berbisnis di Usia Muda? Siapa takut

Oleh: Rupaidha
Mahasiswi Ilmu Ekonomi
renaldikf25@gmail.com

10Berita, USIA bukanlah penghalang untuk menjadikan seseorang sukses. Jika ditanya apakah kamu ingin sukses? Pasti semua orang akan memberikan jawaban, “Ya, saya ingin sukses.” Jika seseorang di tanya apakah kamu ingin sukses dan kaya? Pasti semua orangpun akan menjawab, “Ya, saya ingin sukses dan kaya.”
Lalu, bagaimana agar seseorang menjadi sukses dan kaya? Salah satu jawabanya adalah dengan cara berbisnis. Menjadi kaya di usia muda adalah siklus dimulainya pembentukan kepribadian seseorang.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses bisnis di usia muda:

Menemukan mentor bisnis yang tepat

Berguru itu penting. Ketika memasuki dunia bisnis, akan ada dua kemungkinan yaitu untung, atau rugi. Ini memanglah sebuah risiko, tapi jangan patah semangat,ada solusinya. Perhatikan di sekitarmu adakah sosok pebisnis yang sukses? Jika ada datanglah bersilaturahmi dan utarakan keinginan kamu untuk memulai bisnis dan memintanya muntuk menjadi mentor bisnismu. Mentor akan mengarahkan, mendampingi, sekaligus menjadi teman curhat jika kamu menghadapi masalah dalam berbisnis.

Menentukan bisnis apa

Tahap awal ini pasti sangat membingungkan. Untuk itu menyiasatinya, langkah mudah adalah mencari masalah apa yang ada di sekitarmu, carilah solusinya dan kembangkan menjadi ide bisnis yang baik.

Belajar bisnis

Bekalilah diri dengan ilmu-ilmu bisnis agar mampu menjalankan bisnis dan impian menjadi kaya bisa tercapai. Kamu dapat belajar bisnis dari buku manajemen bisnis, kisah –kisah orang sukses dalam bisnis dan lain sebagainya. Bisa juga mencari di google atau video –video di Youtube dan mulailah menyisihkan uang jajan untuk mengikuti seminar pembicara bisnis hebat.

Mengumpulkan modal

Banyak orang yang beranggapan bahwa berbisnis itu membutuhkan modal yang besar. Seseorang yang pandai berbisnis akan menyiapkan berbagai macam risiko yang ditakutkan akan timbul. Namun ketika sudah mengetahui ilmu bisnis, berguru pada mentor yang hebat, maka modal bukanlah segalanya untuk memulai sebuah bisnis.
Ada banyak bisnis yang tanpa modal. Misalnya jasa foto copy. Karena menjadi pebisnis itu harus bermodalkan keberanian dan merealisasikanya bukan sekadar dalam bayang-bayang saja.

Jago nego

Syarat yang tidak kalah penting adalah pandai bernegosiasi. Karena dengan ini diharapkan dapat memaksimalkan keuntungan yang didapat. Kemampuan berkomunikasilah yang dibutuhkan saat ini.

Jago jualan

Tujuan dari berbisnis adalah jualan. Baik produk barang maupun jasa haruslah di jual dengan cara yang baik lagi halal. Kemampuanberjualan sangat penting dikuasai dan terus diasah dan lakukanlah evaluasi secara rutin. []

Sumber : Islampos