Referensi pihak ketiga
Salah satu tambang terbesar di dunia yakni di Gersberg Papua yang dikelola puluhan tahun oleh PT Freeport Indonesia, namun Freeport McMoran sendiri sudah sepakat untuk melepaskan sebesar 51% saham untuk pemerintah Indonesia, yang sebelumnya pemerintah RI hanya memiliki 9,36%.
Referensi pihak ketiga
Diketahui pembelian saham PT freeport Indonesia melalui PT Inalum yang merupakan perusahaan di bawah naungan BUMN ini harus menyiapkan dana sebesar 3,85 miliar Dollar atau setara dengan 55,3 triliun, dan penandatangan kontrak tersebut telah dilakukan pada 12/07 kemarin.
Namun tahukah anda berapa sebenarnya cadangan Mineral yang masih terkandung di dalam gunung Gersberg itu?
Referensi pihak ketiga
Dilansir dar www.cnbcindonesia.com, melalui pernyataan Budi Gunadi yang merupakan direktur utama PT Indonesia Asahan Aluminium mengungkapkan cadangan yang masih terkandung di PT Freeport Indonesia, dimana cadangan tersebut dihitung mulau dari kandungan emas dan perak di tambang Freeport.
Berdasarkan hitungan dari PT Inalum Indonesia sudah dipastikan terdapat cadangan emas yang hanya mencapai 1.187 ton dan tembaga sebesar 19,4 juta ton, jika di hitung dalam bentuk mata uang maka ada sekitar 46,7 dollar atau setara dengan 6.528,83 triliun dengan kurs USD 13.000.
Referensi pihak ketiga
Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan jika cadangan lain seperi Nikel yang mencapai 3 juta ton, batu bara 3,3 miliar ton, bauksit 7,3 juta ton, timah 377 ribu ton dan perak yang berjumlah 6.1181 ton, dengan total cadangan bisa mencapai 1,07 trilun USD.
Referensi pihak ketiga
Itulah cadangan emas di tambang Freeport Indonesia, semoga pemerintah menggunakannya dengan sebaik-baiknya.
Referensi :
Www.cbcindonesia.com
Www.detik.com
Www.katadata.co.id