Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/SINDOnews/Dok
10Berita  JAKARTA - Libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 telah berakhir, gelombang urbanisasi pun diprediksi kembali terjadi di Jakarta. Pemprov DKI Jakarta pun mempersilakan para pendatang ke Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, setiap warga negara punya hak dalam mencari pekerjaan."Setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan di mana saja. Tidak ada satu tempat di mana warga negara dilarang untuk mendapat pekerjaan. Termasuk di Jakarta. Jadi setiap warga negara dari mana pun bisa mendapat pekerjaan di mana pun di Indonesia. Jadi mau pindah ke Balikpapan, Palembang, Surabaya, atau pun ke Jakarta, itu adalah hak setiap warga negara," kata Anies di Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Menurut Anies, setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mendapat lapangan pekerjaan. Adapun yang selama ini menjadi persoalan dalam urbanisasi di Jakarta yaitu soal kependudukan.

"Jadi kalau Anda mendatangi sebuah tempat maka laporkan diri Anda, catatkan diri Anda, dan saya berharap siapapun yang pindah, pastikan Anda terdaftar di BPJS. Sehingga kalau ada masalah kesehatan akan tercover dengan baik. Kalau belum punya segera daftarkan. Jadi pergi ke mana saja itu aman," ujarnya.

Mantan Mendikbud itu menambahkan, kesehatan juga menjadi hal yang penting ketika seseorang berangkat dari daerah ke Jakarta."Dan saya juga anjurkan bereskan soal imunisasi. Sehingga datang ke tempat yang baru sudah dalam kondisi immune system-nya baik. Tidak menularkan dan tidak tertularkan. Itu saja catatannya," ucapnya.
Sumber :