OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 14 Februari 2019

Banyak yang Belum Tahu, Jarak Aman Letakkan HP Saat Tidur Agar Bebas Radiasi! Simak

Banyak yang Belum Tahu, Jarak Aman Letakkan HP Saat Tidur Agar Bebas Radiasi! Simak



liputan6.com/tempat-terlarang-meletakkan-ponsel


10Berita, Tertidur sambil bermain game atau menelusuri halaman media sosial merupakan sesuatu yang tabu lagi dan sudah kita adaptasi. Sebenarnya penggunaan ponsel seperti ini bisa membahayakan kesehatan kita.

Sudah banyak mendengar bahwa penggunaan layar sinar biru sebelum terlelap bisa merusak tidur. Selain itu, menaruh atau menyimpan HP di bawah bantal atau dengan jarak yang terlalu dekat saat tidur bisa memberikan efek berbahaya pada kesehatan.

Dikutip Times of India, ponsel bisa memancarkan radiasi berbahaya yang bisa merusak otak dan menyebabkan sakit kepala, nyeri otot. Sinyal dengan transmisi sekitar 900 MHz memiliki dampak merusak pada fungsi dari sistem tubuh.

Beberapa studi juga mengatakan bahwa radiasi ponsel memiliki keterkaitan dengan risiko disfungsi ereksi. Radiasi ini juga bisa memengaruhi sistem reproduksi dan bisa menurunkan jumlah sperma dan kecepatannya.

Pancaran sinar biru dari HP juga menghambat produksi hormon pendorong tidur yang dapat memicu kesulitan tidur. dikarenakan sinar biru memancarkan gelombang mirip dengan siang hari dan membuat indera kita berpikir bahwa itu masih siang.

WHO juga sudah memberikan peringatan menaruhnya HP terlalu dekat saat tidur, bisa bersifat karsinogenik, khususnya pada anak-anak karena mereka juga lebih rentan terhadap radiasi.

Oleh karena itu ada beberapa cara aman meletakkan HP pada saat anda dalam kondisi tertidur, simak

Hindari meletakkan ponsel dengan jarak dekat saat tidur, minimal 1 meter. Kekuatan dari frekuensi radio elektro magnetik yang diasosiasikan dengan ponsel akan berkurang sangat kuat ketika menjauhkan ponsel.
Mengubah kebiasaan matikan atau nyalakan mode pesawat saat akan tidur. Jika harus tetap siaga dengan panggilan telepon, sebaiknya letakkan ponsel dengan jarak aman dari tempat tidur.
Ubah ketergantungan terhadap HP dengan sedikit demi sedikit mengurangi waktu mengecek handphone dengan mengganti dengan membaca buku cetak untuk mendapatkan kualitas tidur yang sehat.
Semoga Bermanfaat.

Sumber:

makasar.tribunnews.com/2015/08/27/tidur-bebas-radiasi-begini-cara-meletakkan-handphone-anda