OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 14 Februari 2019

Hadapi Debat Kedua: Prabowo Sudah Hafal Luar Kepala, Jokowi Masih Lakukan Ini

Hadapi Debat Kedua: Prabowo Sudah Hafal Luar Kepala, Jokowi Masih Lakukan Ini


10Berita  Setelah debat pertama yang dinilai terlalu kaku dan kurang menarik, Hari Minggu ini publik tanah air bakal disuguhi debat kedua yang berpotensi lebih seru karena kisi-kisi debat tak dikasihkan dulu.


Prabowo (Sumber: detik)
Menghadapi debat kedua tersebut, masing-masing kubu pun sepertinya sudah melakukan persiapan-persiapan. Bahkan pada Kubu 02 mengaku Prabowo Subianto sudah hafal di luar kepala berkaitan dengan tema debat kedua yang akan membahas Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup.


Jokowi (Sumber: kompas)
Hal itu disampaikan oleh Waketum Gerindra, Fadli Zon, hari Senin kemarin (11/2). " Pak Prabowo sudah hafal di luar kepala lah, semua data data. Bahkan beliau sudah menulis buku tentang paradoks Indonesia, menulis tentang Indonesia Menang dan sebagainya," ujarnya (nusantaranews.com, 12/2).


Jadwal Debat (Sumber: antaranews)
Jika Kubu 02 sudah mengklaim jagoan mereka hafal diluar kepala, bagaimana dengan Jokowi?

Berkaitan dengan persiapan debat kedua nanti, Ketua TKN, Erick Tohir mengaku Jokowi telah melakukan diskusi-diskusi (nusantaranews.com, 13/2). "Ya sudah diskusi-diskusi," ujar Mantan Bos Intermilan hari ini (13/2).

Masing-masing kubu mengklaim dengan bahasa yang berbeda berkaitan dengan kekuatan jagoannya. Kubu 02 mengaku sudah hafal di luar kepala, sedang Kubu 01 masih diskusi-diskusi.

Klaim mereka memang sedikit menggambarkan keunggulan masing-masing calon. Pada debat pertama Prabowo diapresiasi sebagian pihak karena pidatonya yang tanpa teks. Sedang Jokowi diapresiasi karena apa yang disampaikan lebih riil.

Dengan keunggulan masing-masing itu kira-kira siapa yang unggul di debat kedua? Jawabannya empat hari lagi...I].

Sumber :