OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 07 Februari 2019

Jangan Berputus Asa dalam Berdoa

Jangan Berputus Asa dalam Berdoa

Oleh: Hana Nusaibah
Mahasiswa

“Dan tuhanmu berfirman, berdoalah kepada-ku, niscaya akan aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina.”(QS Ghafir: 60)
Allah sudah menjanjikan kepada hambaNya bahwa berdoalah kepadaNya, maka akan dikabulkan oleh Allah. Maka kita sebagai hambaNya harus banyak-banyak berdoa minta kepadaNya apa yang kita mau pasti akan Allah kabulkan.
Namun kita tak tau akan Allah kabulkan kapan doa tersebut. Dalam hadits Rasutullah SAW bersabda: “Tidak seorangpun yang berdoa, melainkan ia berada di antara salah satu dari 3 (tiga) kelompok ini: Kadang ia dipercepat sesuai dengan permintaannya, atau ditunda (diijabahnya) demi pahalanya, atau ia dihindarkan dari keburukan yang menimpanya.” (HR. Imam Ahmad dan AI-Hakim).
BACA JUGA: Menag Tabayun ke Fadli Zon soal Diksi ‘Kau’ dalam Puisi Doa yang Ditukar
Tapi terkadang banyak orang yang mudah putus asa karena doa-doa kita belum dikabulkan oleh Allah. Keadaan inilah yang membuat banyak orang putus asa dan merasa kecewa. Ini terjadi karena kita tidak merasa yakin bahwa Allah akan mengabulkan doa kita. Kadang kita juga sebagai hambaNya tak tau diri dengan seenaknya menyuruh Allah mengabulkan doa kita dengan cepat, lalu tidak dikabulkan maka kita merasa kecewa dan tidak mau berdoa lagi. Padahal itu adalah hak Allah untuk mengabulkan atau tidaknya doa kita.
Dalam keadaan itulah yang membuat manusia kecewa sehingga tak ingin berdoa lagi. Padahal hamba Allah sekelas Nabi Zakaria saja tidak pernah kecewa dalam berdoa kepada Allah.
BACA JUGA: Antara Ralat Doa dan Adab dengan Ulama
Seperti dalam surat maryam ayat 4 “Dia (Zakaria) berkata, “Ya Tuhanku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, ya Tuhanku.”
Maka tidak sepantasnya kita yang hanya hamba biasa merasa kecewa karena doa yang kita panjatkan belum dikabulkan oleh Allah. Teruslah berdoa dan jangan berputus asa karena doa adalah senjata paling ampuh bagi umat muslim. []

Sumber : Islampos