ilustrasi pembuluh darah , sumber : Istock.com
10Berita, Pembuluh darah merupakan bagian dari sistem sirkulasi di dalam tubuh manusia. Pembuluh darah ibarat selang yang di dalamnya mengalir darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh ke jantung. 
Selang yang baru, jika kita lihat dalamnya masih bersih , masih elastis dan kuat, akan tetapi setelah beberapa tahun dipakai, muncul Plak kotoran baik itu berupa lumut atau kotoran yang menempel karena air yang mengaliri selang tersebut, dan lama - kelamaan selang tersebut mulai rapuh, ditekuk sedikit muncul kebocoran pada selang tersebut, dan hal itu sama persis dengan pembuluh darah kita, kolesterol yang dibawa oleh darah kita menempel di pembuluh darah kita dan mengakibatkan Aterosklerosis. Aterosklerosis penumpukan plak pada dinding pembuluh darah kita yang membuat sumbatan dan lama - lama membuat pembuluh darah kita rapuh.
sumber : sciencenews.com

Gangguan kesehatan akibat sumbatan di pembuluh darah

Tersumbatnya pembuluh darah, mengakibatkan gangguan kesehatan,tergantung area tersumbatnya pembuluh darah tersebut, jika di otak bisa mengakibatkan Stroke, jika di ginjal, bisa mengakibatkan masalah pada ginjal termasuk gagal ginjal, jika dijantung bisa terkena serangan jantung, hal ini diakibatkan nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah tidak bisa di serap oleh sel - sel organ tersebut.

Tekanan darah tinggi memperparah keadaan tersebut

Salah satu penyebab darah tinggi juga karena akibat terjadi sumbatan, karena ada sumbatan , jantung pun merespon dengan memompa darah lebih kencang, agar darah bisa mengalir , akibatnya tekanan di dinding pembuluh darah semakin tinggi , adapun gejala tekanan darah tinggi adalah :
  • Sakit kepala yang parah
  • Penglihatan buram
  • Kencing berdarah
  • Nyeri di daerah dada
  • Sulit bernapas
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Berdenyut kencang di bagian dada, leher, atau telinga
Akan tetapi gejala setiap orang berbeda - beda, bahkan ada yang tekanan darah tinggi merasakan gejala, ada yang tidak, untuk itu perlu dilakukan pengukuran Tekanan darah.
ilustrasi Stroke , sumber : Flintrehab.com

Masalahnya bukan hanya seberapa tinggi tekanan darah, tetapi sekuat apa pembuluh darah menahan tekanan tersebut

Untuk itu bersyukurlah bagi orang - orang yang merasakan gejala tekanan darah tinggi , karena mereka mempunyai tanda untuk mengobati dan membatasi makanan, tetapi bagi yang tidak merasakan gejala, hal ini bisa menjadi bom waktu bagi kesehatan orang tersebut,
Karena jika pembuluh darah mulai rapuh dia tidak akan kuat menahan tekanan darahtinggi dan akhirnya pecah,jika di otakmengakibatkan stroke karena pecahnya pembuluh darah ( Hemmorhagic stroke ) , lebih parah dari pada stroke karena sumbatan ( Ischemic Stroke ) karena bisa mengakibatkan kematian, sama halnya dengan jantung, dan terlebih lagi untuk ginjal, karena pembuluh darah diginjal tipis dan kecil, sangat rawan dengan afek tekanan darah yang tinggi.

Makanan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah

Untuk itu kita perlu memperkuat pembuluh darah kita, baik yang punya masalah hipertensi maupun yang normal dengan mengkonsumsi makanan berikut ini, karena didalamnya terkandung nutrisi yang berguna untuk memperkuat Pembuluh darah kita, berikut adalah daftar makanan tersebut :

Jeruk

Jeruk adalah item yang sempurna untuk memulai daftar makanan untuk penyumbatan arteri. Pasalnya, tingginya kadar pektin sebagai serat larut, akan menyerap atau menyedot kolesterol jahat dalam makanan dan menghalangi penyerapannya oleh tubuh. Jeruk kaya akan potasium yang mengimbangi asupan natrium dan menjaga tekanan darah. Penelitian juga menemukan, jeruk dapat menetralisir protein yang menyebabkan jaringan parut dan gagal jantung kongestif.

Kale

Sementara semua sayuran hijau baik untuk arteri Anda, kale sangat baik kaya akan antioksidan, serat dan asam lemak omega. Kale harus menjadi fitur permanen dalam diet untuk mencegah penyumbatan atau pengerasan arteri.
ilustrasi sayur kale, sumber : kampungmint.com

Bayam Air

Bayam air mengandung antioksidan serta vitamin A dan C. Ia juga kaya akan beta-karoten. Bersama-sama bahan-bahan ini, bayam mampu mencegah kolesterol dari pengoksidasian dalam tubuh. Terlebih, bayam menjadi makanan yang cukup terjangkau dan mudah ditemui.

Bawang putih

Berdasarkan laporan dari University of Maryland Medical Center diketahui bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk menghancurkan plak yang terdapat di dalam dinding pembuluh darah, seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (23/2/2011). Beberapa studi yang dilakukan terhadap pasien aterosklerosis menunjukkan jumlah plak yang menurun ketika pasien diminta untuk mengonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen..

Dark Chocolate

Ini cara lain yang bagus untuk menjaga arteri Anda tetap aman. Dark Chocolate memiliki kadar kakao yang tinggi dan mengandung senyawa kaya yang disebut flavonol yang meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah, tekanan darah rendah, dan mencegah risiko penyakit jantung.

Lemon

Lemon atau bahkan jus lemon sangat baik untuk kesehatan jantung. Lemon sangat baik untuk arteri dan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan mencegah kerusakan oksidatif pada arteri. Lemon juga kaya vitamin C yang mencegah peradangan, mengurangi kolesterol, meningkatkan HDL atau kolesterol baik, dan memperkuat arteri.

Kunyit

Sebuah studi pada 2001 yang diterbitkan dalam Journal of Molecular Nutrition and Food research menyebutkan, kunyit lebih efektif dalam mengurangi kolesterol dan mencegah aterosklerosis daripada obat Lovastatin. Kunyit kaya akan jinten polifenol yang terkenal karena sifat kardiovaskularnya. Cumin dapat mencegah penyumbatan arteri karotis dan kerusakan.

Kacang -kacangan

Penelitian internasional menemukan, mereka yang mengonsumsi lentil atau kacang-kacangan yang baik, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Lentil mengurangi tekanan darah tinggi dan kaya magnesium, kalium dan protein yang semuanya mengurangi plak di arteri.

Almond

Kacang almond mengandung sterol tumbuhan dalam jumlah besar yang baik untuk mengurangi kolesterol jahat dan mencegah penyerapannya. Sebuah studi Universitas Toronto menemukan, mereka yang mengonsumsi almond mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 28%

Semangka

Semangka kaya akan asam amino L-Citrulline yang membersihkan arteri, menurunkan tekanan darah, dan melawan peradangan. Semangka juga meningkatkan produksi hormon oksida nitrat untuk kesehatan arteri dan pengurangan tekanan darah.

Alpukat

Menurut sebuah penelitian tahun 1996 yang dilakukan oleh para peneliti di Meksiko, orang-orang yang gemar mengonsumsi alpukat setiap hari selama seminggu mengalami 17 persen penurunan total kolesterol darah. Selain itu, tingkat kolesterol jahat (LDL) mereka menurun sementara kolesterol baik (HDL) meningkat. “Daripada menggunakan mayones, lebih baik Anda menggunakan beberapa potong alpukat pada roti Anda,” kata seorang ahli diet di New York, Megan Madden.

Gandum Utuh

Menurut Madden, serat larut yang terdapat dalam gandum utuh seperti roti gandum, beras cokelat, dan oatmeal dapat mengikat kolesterol dalam makanan Anda, dan membawanya keluar dari tubuh. Ketika tubuh Anda membutuh kolesterol di hari-hari berikutnya, tubuh Anda akan menarik pasokan kolesterol yang terdapat di darah. Sehingga secara efektif dapat menurunkan kadar kolesterol darah total, dan juga mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung.

Brokoli

Menurut seorang dokter gigi spesialis nutrisi dan ahli pengobatan alternatif, Gregg Schenider, brokoli sangatlah kaya akan vitamin K. Vitamin K dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan tulang dan juga membantu menjaga kalsium dari merusak arteri. Selain itu, brokoli juga penuh akan serat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.
Sumber ;
  • Www.alodokter.com/yang-terjadi-jika-pembuluh-darah-pecah-di-otak
  • Www.alinea.id/gaya-hidup/15-makanan-untuk-menjaga-kesehatan-arteri
  • Health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1576784/bawang-putih-mampu-membersihkan-plak-di-pembuluh-darah
  • Www.msn.com/id-id/gayahidup/lifestylegeneral/6-makanan-pembersih-arteri
  • www.alodokter.com/Ini-Serius-Jaga-Baik-baik-Kesehatan-Pembuluh-Darah