10Berita  Setiap muslim di seluruh dunia pasti ingin mendapat predikat sebagai muslim yang sejati dengan menjalankan segala perintah-Nya agar memperoleh pahala dan amal baik yang maksimal. Mulai dari mengerjakan perintah yang wajib hingga sunah. Seperti hal nya salat tahajud, salat ini termasuk dalam golongan sunah mu'akad. Kita sebagai muslim bisa mengerjakannya saat malam hari setelah bangun tidur. Dengan sedikitnya dua rakaat dan paling banyak tidak ada batasnya. Dan inilah beberapa manfaat dari salat tersebut
1. Bisa menghapus dosa dan mencegah kita untuk berbuat dosa
Ibadah ini mendekatkan diri seorang manusia kepada pencipta-Nya, Allah SWT. Bisa dibilang salat tahajud mampu menjadi media penghapus dosa seseorang. Dan menjadi motivasi diri agar nantinya tidak melakukan dosa lagi, dosa besar maupun kecil sejatinya akan dimintai pertanggung jawabannya kelak di akhirat.
Referensi pihak ketiga
2. Tanda takwanya bisa terlihat di muka
Orang yang rutin melaksanakan salat tahajud akan terlihat bersinar wajahnya. Inilah yang menjadi tanda bahwa seseorang tersebut bertakwa kepada Allah SWT. Tanda-tanda ketakwaan tersebut selalu terlihat oleh orang-orang di sekitar mereka. Karena salat ini akan susah dilakukan bagi mereka yang belum terbiasa, kebanyakan lebih mementingkan nikmatnya tidur dari pada harus bangun dan mengerjakan salat.
3. Melancarkan aliran darah di dalam tubuh
Seperti yang kita ketahui bahwa salat tahajud biasanya dilakukan pada dini hari. Ibadah ini nyatanya tak hanya sekedar berbagi keluh kesah saja, namun memberikan udara segara bagi seluruh organ tubuh. Ketika itu, udara di atmosfer masih sangat segar dan dihirup oleh paru-paru. Tubuh kita pun menggerak-gerakkan seluruh otot yang membuat badan segar seketika dan seluruh aliran darah terasa lancar. Oksigen segar akan menghilang ketika matahari terbit dan kembali pada pagi berikutnya. Hanya orang-orang yang terbangun untuk melaksanakan salat tahajudlah yang bisa merasakannya.
Referensi pihak ketiga
4. Pikiran jauh lebih segar
Ketika bangun tidur pastinya Anda memiliki pemikiran yang jauh lebih jernih. Karena tidur adalah istirahat yang sangat baik bagi tubuh. Saat tidur seluruh organ tubuh akan beristirahat dari setiap tugas beratnya. Tidur membantu tubuh memulihkan sel yang sempat terganggu, menambah kekuatan dan otak pun kembali bekerja dengan baik. Alasan tersebutlah yang menjadikan salat tahajud dilaksanakan setelah bangun dari tidur. Pikiran yang jauh lebih fresh dan segar membuat gerakan salat kita juga khusyu’ dalam memaknai ayat-ayat Al-Qur’an.
Referensi pihak ketiga
Begitu banyak bukan manfaat dari salat taajud, ayo kita rutinkan mulai har ini juga. Jangan lupa like dan bagikan untuk saling mengingatkan dalam kebaikan.
Sumber : www.islampos.com

Artikel ini tidak mewakili pandangan UC