OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 14 Februari 2019

Jawab Jokowi, Dubes Rusia: “Propaganda Rusia It’s Hoax!”

Jawab Jokowi, Dubes Rusia: “Propaganda Rusia It’s Hoax!”

10Berita  – Capres Joko Widodo menyatakan istilah ‘propaganda Rusia’ yang sempat disinggungnya berasal dari artikel di Rand Corporation. Kedubes Rusia di Indonesia, yang telah membantah istilah ‘propaganda Rusia’, kini juga bicara soal Rand Corporation.
Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva, saat press briefing di kediamannya, Jl Karet Pedurenan No 1, Jakarta Selatan, Rabu (13/2). Dia menegaskan bahwa Rusia tidak mengintervensi urusan dalam negeri Indonesia, termasuk soal pemilu.
“Rusia tidak pernah dan tidak akan pernah mengintervensi kebijakan domestik dari negara manapun, terutama dalam proses elektroral,” kata Vorobieva.
Menurutnya, istilah ‘propaganda Rusia’ tidak berdasar dan bukan hal yang nyata. Dia menegaskan bahwa istilah itu tidak bersumber dari Rusia, melainkan buatan Amerika Serikat.

Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva (Zakia/detikcom)
“Dengan disebutkannya propaganda Rusia, istilah itu sendiri sebenarnya dibuat sebagai propaganda Amerika Serikat. Karena istilah ini dibuat oleh Rand Cooperation pada tahun 2016 saat Amerika Serikat menyelenggarakan pemilu. Dan istilah ini tidak memiliki dasar di dunia nyata,” ucapnya.
Vorobieva menegaskan bahwa hoax dan fake news yang beredar di media sosial tidak bersumber dari Rusia. “Istilah ini diperkenalkan secara salah,” tegasnya.
Setelah Jokowi melontarkan istilah ‘propaganda Rusia’, Vorobieva mengatakan pihaknya mendapat berbagai respons negatif di media sosial. Oleh sebab itu, Kedubes Rusia akhirnya menyatakan sikap lewat Twitter.
———-
Buku pilihan pekan ini,  silahkan pesan stok terbatas , klik ini :
https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-preorder-edisi-revisi-penyempurnaan-digest-12-imperialisme-kuning.htm

Sumber :