OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 03 Februari 2019

Jokowi Lempar Hoax Propaganda Rusia, Awas Putin Bisa Murka!

Jokowi Lempar Hoax  Propaganda Rusia, Awas Putin Bisa Murka!

10Berita, Isu panas diutarakan Joko Widodo ketika menghadiri deklarasi Forum Alumni Jawa Timur di Tugu Pahlawan, Surabaya, hari Sabtu (2/2/2019). Curhat mendapati banyak hoax dan fitnah di dunia perpolitikan Indonesia, disini Jokowi malah sedikit kebablasan dengan menyinggung-nyinggung negara lain.
liputan6.com
Bukan sembarang negara, karena yang disebut-sebut adalah Rusia, salah satu negara adidaya di dunia. Politik-politik kotor seperti penyebaran hoax seperti dianalogikan dengan propaganda ala Rusia.
"Problemnya adalah ada tim sukses yang menyiapkan propaganda Rusia! Yang setiap saat mengeluarkan semburan-semburan dusta, semburan hoax, ini yang segera harus diluruskan Bapak-Ibu sebagai intelektual," tutur Jokowi kepada hadirin yang datang seperti dikutip dari detik.com (2/2/2019).
ilustrasi, tirto.id
Pernyataan ini terbilang berbahaya karena bila ditanggapi secara negatif bisa mengganggu hubungan diplomatis yang sudah terbangun lama antara Rusia dengan Indonesia. Apalagi sosok pimpinan seperti Vladimir Putin dikenal tegas dan keras dalam melindungi urusan negaranya.
tribunnews.com
Jika sampai terdengar dan membuatnya murka, maka bukan tidak mungkin ketegangan diplomatis akan terjadi. Ini yang harus diwaspadai, apalagi mengingat ada cukup banyak Warga Negara Indonesia yang menempuh pendidikan dan tinggal di Rusia.

Sumber:
news.detik.com/berita/4411725/jokowi-ada-tim-sukses-siapkan-propaganda-rusia-yang-semburkan-hoax