OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 23 Februari 2019

Kenali Ciri Air Kencing Sehat Dan Tidak Sehat

Kenali Ciri Air Kencing Sehat Dan Tidak Sehat




Referensi pihak ketiga

10Berita  Ginjal memiliki fungsi yang luar biasa dalam tubuh manusia. Ginjal berfungsi untuk menyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah, menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh, serta menjaga konsentrasi elektrolit dan keseimbangan asam basa. Selain itu ginjal juga menghasilkan hormon yang membantu produksi sel darah merah.

Minum air putih yang cukup mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti infeksi saluran kemih dan terbentuknya batu ginjal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit ginjal kronis.

Selain itu, bagi Anda yang suka berolahraga, asupan cairan harus diperhatikan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai warna urine yang menunjukkan apakah kita kekurangan cairan tubuh atau tidak.

- Transparan dan jernih

Warna transparan dan jernih pada urine menunjukkan bahwa Anda sudah banyak meminum air dan tidak mengalami dehidrasi.

- Kuning pucat dan kuning transparan

Warna kuning pucat adalah warna yang normal untuk urine. Ini menunjukkan bahwa Anda sehat dan tidak dehidrasi. Kebanyakan orang memiliki warna urine kuning pucat atau kuning transparan. Kedua warna ini sama-sama menunjukkan keadaan tubuh yang normal.



- Kuning tua

Ini berarti Anda tidak mengalami dehidrasi. Setidaknya belum. Jika Anda melihat warna urine kuning tua, sebaiknya Anda segera minum air putih setelahnya. Karena warna ini menunjukkan bahwa Anda hampir mengalami dehidrasi jika tak minum dalam waktu dekat.

- Warna madu atau amber

Tubuh Anda tidak mendapatkan cukup cairan sehingga warna urine Anda lebih tua dan hampir seperti warna madu. Jika mengetahui warna ini dalam urine, sebaiknya segera minum secepatnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

- Cokelat

Hati-hati jika Anda melihat warna urine cokelat ini. Warna ini bisa berarti Anda mengalami dehidrasi parah atau memiliki masalah dengan liver. Segera penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air. Namun jika warna urine Anda masih tetap cokelat sebaiknya segera temui dokter.


Drw skincare
Dengan minum air putih yang cukup berarti kita membantu menyelamatkan ginjal dari risiko penyakit ginjal.


Referensi pihak ketiga
Sumber:

Kompas.com

Artikel ini tidak mewak