OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 08 Februari 2019

Penuhi Panggilan Polisi, Ketua Umum PA 212 Dikawal Ribuan Umat Islam Solo

Penuhi Panggilan Polisi, Ketua Umum PA 212 Dikawal Ribuan Umat Islam Solo


10Berita , Solo – Ketua umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif, Kamis (07/02/2019), memenuhi panggilan Polresta Surakarta terkait dugaan pelanggaran tindak pidana kampanye di luar jadwal. Pemeriksaan itu dilakukan setelah ada laporan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
Pelanggaran diduga terjadi saat Slamet Maarif mengikuti kegiatan Tabligh Akbar 212 di Bundaran Gladak, Solo, Ahad (13/01/2019) lalu. Setelah diperiksa Bawaslu, laporan dugaan pelangaran itu dilimpahkan ke Polresta Surakarta.
Kedatangan Ketua Umum PA 212 itu mendapatkan pengawalan ribuan umat Islam Solo, yang tergabung dalam Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) dan sejumlah elemen umat Islam Karesidenan Surakarta. “Aksi ini memberikan satu support kepada ulama kita,” ungkap koordinator aksi Edi Lukito di depan Mapolresta Surakarta, Kamis (07/01/2019).
Edi mengatakan pemeriksaan Slamet Maarif tidak beralasan. Sebab, Ketua Umum PA 212 itu tidak merlakukan kampanye terselubung dalam penyampaiannya saat Tabligh Akbar lalu. Menurutnya, polisi melakukan blunder jika kasus tersebut dilanjutkan dan menyatakan akan melakukan aksi lanjutan jika Slamet Maarif ditahan.
Dia berharap aksi tersebut dapat mensupport Slamet Ma’arif dan menjaga kenetralan aparat penegak hukum. Sehingga tidak ada lagi kriminalisasi terhadap ulama.
“Dengan usaha ini dan support oleh umat Islam dan masyarakat Solo ini aparat keamanan memberikan sikap yang positif,” katanya.
Aksi di depan Mapolresta Surakarta dimulai tepat pada pukul 10.00 WIB. Slamet Ma’arif terlihat didampingi sejumlah tokoh, seperti Haikal Hasan, Amien Rais, Mahendradatta, Ketua Gerakan nasional Pengawal fatwa (GNPF) Ulama Yusuf Martak, dan Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) Ustadz Muinuddinillah Basri. Aksi bubar setelah pemeriksaan berakhir sekitar pukul 16.30 WIB.

Sumber : Kiblat