OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 09 Maret 2019

10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2018 versi Kemenristekdikti

10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2018 versi Kemenristekdikti




Artikel ini memberikan data 10 universitas negeri terbaik di Indonesia tahun 2018 versi Kemenristekdikti

--

10Berita, Apakah kamu sudah memutuskan akan melanjutkan kuliah di universitas mana? Bagi kamu yang masih bingung, kamu bisa menjadikan daftar 10 universitas terbaik di Indonesia sebagai referensi. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan klasterisasi atau daftar Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia tahun 2018 bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun lalu.

Menurut Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek, peringkat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai performa perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, daftar ini akan dijadikan acuan oleh Kemenristekdikti untuk melakukan pembinaan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas dan penyusunan kebijakan. Nah, mau tahu PTN apa saja yang masuk ke dalam daftar? Yuk, kita lihat.

Top 10 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

Institut Teknologi Bandung
Universitas Gadjah Mada
Institut Pertanian Bogor
Universitas Indonesia
Universitas Diponegoro
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Universitas Airlangga
Universitas Hasanuddin
Universitas Padjadjaran
Universitas Andalas




(Sumber: ristekdikti.go.id)
Indikator Penilaian

Setelah melihat daftar di atas tentunya kamu ingin tahu ‘kan Squad, sebenarnya apa saja sih aspek yang dilihat untuk menentukan PTN mana yang paling baik? Komponen utama yang digunakan untuk menilai performa perguruan tinggi Indonesia mencakup 5 komponen, yaitu:

Kualitas SDM, yang mencakup persentase jumlah dosen berpendidikan S3, persentase jumlah rektor kepala dan guru besar, dan rasio mahasiswa terhadap dosen
Kualitas kelembagaan, yang mencakup akreditasi institusi dan program studi, jumlah program studi terakreditasi internasional, jumlah mahasiswa asing, serta jumlah kerjasama perguruan tinggi
Kualitas kegiatan kemahasiswaan, yang mencakup kinerja kemahasiswaan
Kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, yang mencakup kinerja penelitian, kinerja pengabdian masyarakat, dan jumlah artikel ilmiah terindeks scopus per jumlah dan dosen
Kualitas inovasi, yang mencakup kinerja inovasi
Indikator penilaian ini sedikit berubah dibandingkan tahun 2017 Squad, yaitu adanya penambahan indikator Kualitas Inovasi.

Apakah universitas impianmu termasuk ke dalam salah satu daftar di atas Squad? Daftar ini juga dapat kamu jadikan acuan untuk mendaftar pada SBMPTN mendatang. Eits, tapi untuk bisa masuk ke universitas terbaik tentunya butuh perjuangan yang keras ya Squad. Kampus-kampus di atas pastinya hanya akan menerima calon mahasiswa terbaik. So, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk jadi yang terbaik bersama ruangbelajar.

Sumber: blog.ruangguru.com