OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 05 Maret 2019

Alumni Trisakti Pro 02 Kawal TPS Cegah Kecurangan di Pemilu 2019

Alumni Trisakti Pro 02 Kawal TPS Cegah Kecurangan di Pemilu 2019




10BeritaAlumni Trisakti Pro 02 bersama Garuda Kalibata mendeklarasikan Laskar TPS di Pulau Dua Restaurant, Taman Ria Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (5/3). Deklarasi tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Alumni Trisakti, Adhyaksa Dault, serta diikuti puluhan alumni Trisakti lintas fakultas dan angkatan yang juga terdaftar sebagai Alumni Trisakti Pro 02.

Deklarasi juga dihadiri oleh Tony Rosyid hingga Zaitun Rasmin sebagai perwakilan Garuda Kalibata. Sementara, pakar ekonomi Rizal Ramli dan akademisi Rocky Gerung yang sebelumnya masuk dalam daftar, berhalangan hadir.

Adhyaksa menyebut, pengawalan Laskar TPS muncul karena maraknya kecurangan-kecurangan selama masa kampanye pemilu 2019. Lebih spesifik, ia memberi contoh seperti kecurangan yang dilakukan camat di Sulawesi Selatan yang terang-terangan mendukung paslon 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

“Kenapa lahir Laskar TPS? Karena keresahan di masyarakat dengan lebay-nya pendukung bapak presiden itu, camat-camat di Sulawesi Selatan, itu galak banget itu,” ujar Adhyaksa saat memberi sambutan.

Menurutnya, deklarasi yang dilakukan oleh kepala daerah hingga ASN secara terang-terangan ini merupakan kecurangan serta menyebabkan munculnya perpecahan.

“Mereka camat, mereka ASN. Aparatur Sipil Negara memberikan pernyataan di depan umum, saya camat ini, saya camat ini, mendukung 01. Jangan begitu. Menciptakan perpecahan dalam pelaksanaan pemilu,” tegasnya.

“Saya yakin Pak Jokowi sendiri tidak setuju dengan cara seperti itu, pasti menghargai demokrasi kita. Tapi yang di bawahnya overacting, lebay,” lanjutnya.

Sekjen Alumni Tri Sakti, Hendra Zon, menambahkan, Laskar TPS ini lahir atas gejolak penyelenggaraan pemilu yang menurutnya brutal serta melanggar berbagai etika.

“Gerakan Laskar TPS mengajak masyarakat jika menyaksikan kemungkarannya, langsung bereaksi dengan TPS: (T)angkap dengan gadget, lapor (P)olisi, (S)ebarkan di medsos,” Lanjutnya.

Mereka mengklaim, saat ini sudah 520 alumni yang tercatat sebagai anggota Alumni Trisakti Pro 02 dan bergerak untuk Laskar TPS. Selain itu, mereka juga tergabung ke dalam BPN serta bekerja sama dengan Rekat --aplikasi hitung cepat-- yang diinisiasi oleh Neno Warisman.

Yel-yel Laskar TPS

Siapa kita? 

Laskar TPS

Apa tujuan kita?

Melawan kecurangan

Prabowo Sandi menang menang merdeka!

Naskah Deklarasi Laskar TPS

Bismillahhirrahmanirrahim

Dengan penuh rasa syukur dan mengharap rahmat Allah yang maha besar

Kami laskar TPS menyatakan siap sedia mengawal jalannya Pilpres, Pileg 2019, yang jujur dan adil untuk indonesia dan masa depannya

Kami Laskar TPS menyatakan ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga TPS di daerahnya masing masing, dan melaporkan semua bentuk kecurangan yang terjadi di TPS

Kami laskar TPS menyatakan siap sedia mengawasi kecurangan pemilu 2019.

sumber: kumparan