OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 15 Maret 2019

Anies Kick Off Pembangunan Stadiun Berkelas Internasional, Bukan Tipe Gubernur Gambar-gambar Saja

Anies Kick Off Pembangunan Stadiun Berkelas Internasional, Bukan Tipe Gubernur Gambar-gambar Saja




10BeritaSatu per satu janji Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta ditepati. Satu di antaranya adalah soal stadiun Jakarta tak hanya berupa gambar-gambar saja.

Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan, proses persiapan dan pengembangan lahan proyek telah hampir tuntas. Pelaksanaan konstruksi secara fisik dilaksanakan dalam waktu tiga pekan setelah kick off. Bangunan dan kawasan stadion dirancang untuk siap disertifikasi green building (greenship) dengan target grade platinum.

Adalah Jakarta International Stadium stadion yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Ibu Kota memiliki kapasitas penoton sebanyak 80-82.000 kursi. Sejumlah fasilitas unggulan pun disiapkan untuk memberikan kenyamanan bagi para penonton.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa penganggarannya, melalui Penyertaan Modal Daerah (PMD) yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI.

"Pada APBD 2018, pihaknya mengajukan anggaran Rp 5 Triliun dan sudah disetujui sekitar Rp 900 Miliar yang akan digunakan sebagai pengerjaan awal. Sisanya nanti akan dibangun semacam kawasan komersil dengan tujuan self financing kebutuhan perawatan stadion itu sendiri," kata Dwi di Jakarta pada Kamis (14/3/2019).

Kapasitas stadion dapat menampung 80-82.000 orang. Di stadion ini pun, lanjut Dwi, disiapkan fasilitas sosial lainnya ada masjid terapung, dimana pelatarannya dibuatkan saf agar para penonton bisa melaksanakan salat berjamaah.

Fasilitas lainnya yang akan tersedia di Jakarta Internasional Stadium yakni, kursi untuk kaum difabel sebanyak 200 tempat duduk, 24 lot parkir kendaraan, 25 lokasi toilet khusus difabel. Area parkir yang mampu menampung 800 lot parkir mobil dan 100 lot parkir bus. Dan atap stadion memiliki fitur buka tutup, ini dilakukan agar stadion juga dapat digunakan untuk kegiatan pertunjukan indoor, seperti konser musik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis melakukan kick off sebagai penanda pembangunan stadion kebanggaan Ibu Kota.

"Hari ini adalah hari bersejarah yang membahagiakan dan membanggakan bagi kita semua. Hari ini Jakarta memulai babak baru di tempat ini akan didirikan Jakarta International Stadium menjadi stadion sepak bola kelas dunia yang pertama kali di Indonesia," kata Anies dalam sambutannya Kamis sore.

sumber: alumni212