OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 12 April 2019

Ini Temuan Investigasi Bawaslu Soal Kecurangan Pemilu 2019 di Malaysia

Ini Temuan Investigasi Bawaslu Soal Kecurangan Pemilu 2019 di Malaysia
L

10Berita – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja, mengatakan pihaknya mencari benang merah antara temuan surat suara yang sudah tercoblos dan sejumlah temuan lain di Malaysia. Bawaslu menerjunkan dua tim untuk melakukan investigasi beberapa temuan ini.
Bagja mengatakan, tim pertama yang saat ini bertolak ke Malaysia telah tiba di Negeri Jiran itu. Mereka terdiri dari Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo, lima orang lain dari Bawaslu.
Saat ini, tim yang telah tiba mengawasi pengecekan temuan surat suara di Selangor oleh dua orang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari dan Ilham Saputra. “Kami harap kedua pihak bisa saling berkoordinasi dalam melakukan investigasi di lapangan,” ungkap Bagja saat dijumpai di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (12/4).


Dia melanjutkan, ada satu tim lain dari Bawaslu yang akan berangkat ke Malaysia. Tim ini akan melakukan investigasi lebih lanjut soal temuan Panwaslu Luar Negeri di Malaysia.
Menurut Bagja, sejauh ini ada dua temuan yang yang akan diteliti lebih lanjut. Pertama, temuan pelanggaran yang diduga dilakukan salah satu calon anggota legislatif (caleg) yang menggunakan acara kedutaan besar untuk dirinya.
Caleg ini diduga adalah Davin Kirana yang diusung Partai Nasdem untuk dapil 2 DKI Jakarta (Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, luar negeri). Hal ini sempat disinggung Bagja dalam wawancara pada Kamis (11/4).
Pada Kamis, Bagja mengatakan, Panwaslu Malaysia telah mendapat laporan bahwa Davin Kirana ikut dalam suatu acara di Kedutaan Besar Indonesia di Malaysia. Laporan tersebut, kata Bagja sedang ditindaklanjuti oleh Panwaslu di Malaysia, namun tiba-tiba terjadi kejadian surat suara yang sudah tercoblos termasuk untuk Davin Kirana.


Sumber: Eramuslim