OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 23 April 2019

Suara Jokowi Bertambah 1.650 di Situng TPS 4 Petak Kaja Bali

Suara Jokowi Bertambah 1.650 di Situng TPS 4 Petak Kaja Bali


10Berita – Kesalahan input hasil penghitungan suara di TPS dalam form C1 ke dalam Sistem Informasi Penghitungan (Situng) KPU, masih banyak ditemukan. Bahkan temuan kali ini mungkin menjadi yang paling besar karena suara Jokowi-Ma’ruf bertambah 1.650 suara.
Data itu ditemukan dalam Situng untuk TPS 4, Kelurahan Peta Kaja, Kecamatan Gianyar, Bali. Pantauan pukul 14.30 WIB, di TPS itu ada kesalahan input oleh relawan KPU karena menambahkan suara Jokowi sangat besar 1.650 suara.

Detailnya, dalam data C1 dari TPS, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan perolehan 183 suara, sementara Prabowo-Sandi hanya mendapat 2 suara.
Data C1 di TPS 4 Petak Kaja, Bali. Foto: Dok. KPU
Namun, saat petugas menginput manual dalam Situng, angkanya berubah hanya untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf menjadi 1.833 atau kelebihan angka 3 di akhir dari semula 183 suara. Sementara Prabowo-Sandi tetap 2 suara.
Hasil perolehan suara dalam Situng KPU. Foto: Dok. KPU
Salah input itu mempengaruhi total perolehan suara kedua pasangan calon yang muncul dalam Situng yang dipublikasikan di website KPU (https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/).


Sumber: EramuslmE