OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 28 Mei 2019

10 Rekomendasi Tempat untuk Menikmati Libur Lebaran di Bandung

10 Rekomendasi Tempat untuk Menikmati Libur Lebaran di Bandung

10Berita, Mulai dari Kawah Putih hingga Dusun Bambu. #PesonaMudik2019 kamu dijamin makin asyik nan meriah. #userstory
com-Tempat Wisata Lebaran di Bandung
com-Tempat Wisata Lebaran di Bandung Foto: Dok. Kemenpar
Anda sedang mencari destinasi terbaik untuk mengisi libur Lebaran Idul Fitri mendatang? Tidak ada salahnya memilih Kota Bandung sebagai destinasi utama karena ada banyak destinasi wisata yang asyik. Dijamin #PesonaMudik2019 makin meriah.
Seperti yang pernah dikatakan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, bahwa Kota Bandung selalu menjadi incaran para wisatawan. Bandung adalah paket lengkap tujuan wisata: udara sejuk, beragam destinasi yang menarik, serta dukungan amenitas yang lengkap.
Selain itu, Kota Bandung juga menawarkan aneka wisata anak dan keluarga yang murah. Tak kalah menarik dengan kota-kota besar lainnya. Cocok sekali sebagai tempat liburan Lebaran bersama keluarga. Belum lagi sajian kuliner khasnya yang lezat. Tak heran jika Kota Bandung menjadi destinasi favorit wisatawan.
Nah, untuk anda yang berencana liburan ke Kota Bandung, berikut 10 destinasi Bandung yang menarik untuk dikunjungi.
1. Alun-Alun Bandung
Suasana Taman Alun-alun Bandung setelah direvitalisasai, Jawa Barat
Suasana Taman Alun-alun Bandung setelah direvitalisasai Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Alun-Alun Kota Bandung merupakan salah satu alternatif tempat wisata keluarga yang sering menjadi pilihan para wisatawan, khususnya warga Bandung. Selain tempatnya strategis, di tempat ini kita juga bisa bersantai ataupun bermain. Bahkan jika akhir pekan ataupun saat liburan, tempat ini selalu penuh oleh pengunjung.
Apalagi, saat ini Alun-Alun Bandung telah dibangun menjadi lebih cantik. Salah satunya, berkat kehadiran taman bunga yang berwarna-warni. Destinasi ini pun sangat bersih dan bebas pedagang kaki lima. Soal infrastruktur penunjangnya pun cukup lengkap, seperti halnya toilet dan lahan parkir.
2. Orchid Forest Cikole
com-Orchid Forest Cikole Bandung
com-Orchid Forest Cikole Bandung Foto: Dok. Kemenpar
Orchid Forest Lembang disebut-sebut sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia yang terkenal dengan keindahannya. Terdapat lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dalam lahan seluas 12 hektare ini. Bibit anggrek berasal dari berbagai negara, seperti Venezuela, Amerika Serikat, hingga Peru.
Ekowisata yang baru setahun lebih dibuka ini bagai paket lengkap. Pemandangan alam asri dengan udara sejuk, instalasi sarana yang aesthetic, berbagai spot foto yang Instagramable, serta fasilitas dan subdestinasi yang beragam.
Saking indahnya, destinasi ini pun diresmikan langsung oleh Arief Yahya tepat tanggal 24 Agustus 2018. Semenjak itu, destinasi ini tak pernah sepi pengunjung, terutama kaum milenial yang berburu spot foto yang Instagramable.
3. Dusun Bambu
Dusun Bambu di Bandung
Dusun Bambu di Bandung Foto: Shutter Stock
Dusun Bambu merupakan sebuah taman rekreasi untuk keluarga berbasis ecotourismdi Jawa Barat. Konsepnya mengombinasikan keindahan alam dengan budaya tradisional Sunda.
Berbagai fasilitas dihadirkan, seperti Kampung Layung Cottage dan Sayang Heulang Camp sebagai penginapan tematik yang sangat cocok untuk menghilangkan penat dari rutinitas pekerjaan anda.
Ada pula empat buah restoran dengan masing-masing keunikan dan kelezatan kulinernya yang mampu memanjakan perut. Tak ketinggalan juga ada berbagai wahana bermain, baik untuk dewasa maupun anak, yang akan membuat liburan anda semakin menyenangkan.
Nilai plus dari tempat ini adalah akses yang mudah dijangkau. Selain itu, nuansa Sunda yang kental sudah terasa sejak kita masuk tempat ini. Berada di tempat ini dapat menghilangkan stres. Anak-anak pun pasti menyukai tempat ini.
4. Trans Studio Bandung
Untitled Image
Trans Studio Bandung. Foto: dok. Trans Studio Bandung
Nah, kalau ini menjadi destinasi yang sedang hits saat ini. Apalagi, Trans Studio Bandung merupakan kawasan permainan dalam ruangan terbesar se-Asia Tenggara. Berbagai permainan yang super kece dan keren ada di destinasi ini. Sangat pas untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.
Dari mulai The Giant Swing, Magical Parade Of Zoo, Yamaha Coster Racing, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pokoknya dijamin bakal seru.
5. The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya
Glamping The Lodge Maribaya Foto: Dok. The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya merupakan wisata alam terbuka yang dilengkapi dengan wahana permainan seru. Lokasinya sangat Instagramable terutama bagi yang suka foto selfie dan fotografi. Tak heran, bila The Lodge Maribaya jadi salah satu wisata hits di media sosial.
Wisata ini memiliki luas mencapai 3 hektare yang berada di lereng perbukitan Maribaya. The Lodge Maribaya menyajikan pemandangan alam terbuka berupa hutan pinus alami sejauh mata memandang.
Pepohonan berwarna hijau akan semakin menyejukkan mata. Aliran sungai yang mengalir dari Sungai Cibodas membuat suasana semakin sejuk dan memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung. Tersedia juga beberapa spot menarik untuk pengunjung yang senang foto dengan spot kekinian.
Wisata ini juga cocok dikunjungi bersama keluarga. Terdapat camping ground berupa kemah unik yang bisa dinikmati bersama keluarga. Perkemahan ini bisa disewa baik untuk keluarga maupun kelompok. Tersedia 25 buah tenda dengan kapasitas 2-3 orang.
6. Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu di Bandung
Tangkuban Perahu di Bandung Foto: Shutter Stock
Ketika sedang memutuskan untuk mengunjungi Bandung, tak lengkap rasanya jika tak mendatangi Tangkuban Perahu. Pemandangan yang disuguhkan mampu menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya.
Tak heran, objek wisata Tangkuban Perahu selalu menjadi destinasi utama para wisatawan ketika berkunjung ke Bandung. Ketika sudah datang ke sana, rasanya tak rela jika harus meninggalkannya.
Berharap suatu hari nanti bisa kembali lagi ke sini untuk melepaskan penat dengan melihat pemandangan yang menakjubkan.
Belum lagi bumbu legenda Sangkuriang yang melegenda membuat destinasi ini semakin terkenal.
7. Gedung Sate
Ilustrasi Gedung Sate
Ilustrasi Gedung Sate. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Gedung Sate menjadi destinasi ikonik yang wajib dikunjungi di Bandung. Kamu tidak dikatakan ke Bandung kalau belum ke Gedung Sate. Gedung yang terletak di Jalan Diponegoro Nomor 22 ini memang menjadi pusat perhatian buat wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.
Bahkan, jika pada akhir pekan objek wisata yang satu ini tidak pernah sepi oleh wisatawan. Nuansa kolonial begitu terlihat dari gedung megah ini. Di dalam Gedung Sate pun terdapat Museum Gedung Sate. Sebuah museum yang berisi segala sejarah Gedung Sate dan Kota Bandung.
8. Kawah Putih
com-Kawah Putih Bandung
com-Kawah Putih Bandung Foto: Shutterstock
Bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya, tentu tak asing ketika mendengar kata “Kawah Putih”. Kawah Putih merupakan salah satu ikon wisata Jawa Barat yang begitu memanjakan mata dan Instagram-abletentunya bagi kalangan anak muda yang tertarik ber-selfie ria.
Sejarahnya, Kawah Putih merupakan sebuah kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Nama Kawa Putih merujuk pada warna kawahnya yang notabene berwarna putih.
Danau di Kawah Putih memiliki air yang dapat berubah warna. Hal ini terjadi karena konsentrasi belerang yang ada di dalamnya. Panorama di Kawah Putih ini bisa jadi pilihan bagi yang ingin mempercantik tampilan feeddi Instagram.
Selain memiliki danau yang indah, Kawah Putih juga memiliki hutan cantigi sebagai tumbuhan yang dominan tumbuh di sekitar Kawah Putih. Hal ini disebabkan keadaan tanah yang bercampur belerang menyebabkan tidak semua tumbuhan mampu tumbuh dan bertahan di kawasan ini.
Bagi anda yang ingin menambah ilmu pengetahuan, hutan cantigi tentunya menjadi objek yang menarik untuk dikaji. Atau sekedar ingin menjadikannya sebagai backgrounduntuk melengkapi foto-fotomu.
9. Glamping Lakeside
Untitled Image
Lakeside Tent di Glamping Lakeside Rancabali. (Sumber Foto: rancabalilakeside.com)
Glamping Lakeside Rancabali adalah sebuah resort yang berada di alam terbuka yang luas dengan dominasi kebun teh, dan terbuka untuk umum. Tidak harus menginap untuk bisa menikmati keindahan alam dan berbagai fasilitas yang ditawarkan di sini. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang dan biaya parkir mobil Rp 5.000. Jam bukanya pukul 07.00-19.00 setiap hari.
Primadona di kawasan glamping ini adalah Pinisi Resto-nya. Restoran ini berbentuk kapal pinisi dan berukuran sebesar pinisi sungguhan yang menghadap ke Situ Patenggang dan Pulau Cintanya.
Wisatawan pun bisa merasakan menginap di tengah perkebunan teh dengan pemandangan Danau Situ Patenggang. Suasana sejuk dan tenang khas perkebunan bisa dirasakan saat menginap di sini.
Selain berkemah, wisatawan bisa menikmati aktivitas berkeliling naik perahu di Situ Patenggang, berburu pemandangan matahari terbenam, berendam air panas di Kawah Rengganis, dan menuju Batu Cinta yang punya kisah dan mitos terkenal.
10. Balai Kota Bandung
Untitled Image
Taman Balai Kota bandung. Foto: Wikimedia Commons
Kota Bandung kental dengan nuansa sejarahnya. Berbagai gedung peninggalan kolonial bertebaran di kota ini. Salah satunya, Balai Kota Bandung, salah satu bangunan tertua di Kota Bandung.
Bentuk bangunannya bergaya art deco. Tak pelak, Gedung Balai Kota pun sering menjadi buruan para wisatawan. Apalagi kini di samping gedung tersebut terdapat pula taman yang indah. Hal ini makin membuat Gedung Balai Kota dapat menjadi pilihan alternatif liburan bersama keluarga.

Sumber: