hoopiz.com
10Berita, Tubuh mengeluarkan racun serta zat-zat berbahaya lewat urine atau air kencing. Karena itu warna air kencing bisa menandakan kondisi tubuh yang sehat atau kemungkinan ada penyakit tertentu.
Berikut macam-macam warna urine dan artinya seperti dilansir dari alodokter.com (06/02/19) dan telah ditinjau oleh dr. Kevin Adrian.
1. Cokelat tua
webmd.com
Waspadalah jika warna urine coklat atau coklat tua karena bisa menandakan gangguan pada hati, ginjal, adanya infeksi saluran kemih atau anemia hemolitik. Meski begitu, urine berwarna coklat juga dapat disebabkan efek samping obat. Misalnya obat antibiotik atau obat pencahar.
Jadi kalau kamu sedang tidak minum obat namun kondisi air kencing kamu berwarna coklat tua, amannya ke dokter aja deh. Supaya ketahuan penyebabnya dan segera mendapat penanganan.
2. Kuning pekat
Kalau warna air kecing kuning pekat, artinya kamu harus banyak minum lagi tuh. Soalnya tubuh kamu mengalami dehidrasi.
3. Oranye
Air kencing berwarna oranye juga bisa menandakan tubuh kamu dehidrasi. Tapi kalau air kencing yang berwarna oranye ini disertai kondisi feses yang berwarna pucat atau putih, maka sebaiknya kamu ke dokter deh. Karena indikasi kuat ada gangguan pada liver atau hati.
4. Putih dan keruh
adultpediatricuro.com
Air kencing yang berwarna putih seperti susu atau keruh serta berbau menandakan adanya infeksi saluran kemih. Ini bisa terjadi karena bakteri, jamur atau virus. Jadi kalau memiliki tanda ini jangan tunda lagi periksa ke dokter.
5. Merah muda atau merah
Warna air kencing yang merah atau pink bisa terjadi akibat konsumsi buat bit, blackberry, atau buah lain yang berwarna merah.
Namun kondisi ini juga bisa menandakan adanya penyakit serius seperti kencing berdarah, adanya penyakit ginjal, tumor pada ginjal dan kandung kemih, maupun gangguan prostat.
Lalu seperti apakah warna air kencing yang sehat. Air kencing sehat bermacam-macam. Jernih, kuning keemasan hingga kuning pucat. Yang jelas, semakin kamu banyak minum air putih maka semakin jernih lah air kencing kamu.
Sumber: UCNEWS