vectorstock.com
10Berita, Salah satu fungsi ginjal yang sangat penting adalah menyaring darah dari racun untuk kemudian dibuang lewat urine. Jadi bisa kebayang kan gimana kalau mesin penyaringnya rusak? Racun yang harusnya dibuang malah menyebar ke seluruh tubuh.
Nah biar ginjalmu selalu sehat paripurna, coba deh sering-sering konsumsi makanan berikut ini.
1. Apel
malangtoday.net
Buah ini kaya dengan kandungan antioksidan, serat, serta senyawa antiinflamasi yang bisa memperbaiki fungsi ginjal. Jadi daripada ngemil yang nggak-nggak, coba deh ngemil apel. Udah rasanya enak, manfaatnya banyak pula.
2. Bawang
prokabar.com
Bumbu dapur ini memang sudah terkenal dengan manfaat kesehatannya. Meski demikian, masih banyak orang yang membenci bawang karena baunya yang tajam.
Namun ternyata kandungan bawang, yakni senyawa quercetin mampu menjaga fungsi ginjal dalam menyaring darah. Dan untuk perokok, senyawa quercetin ini bisa mencegah kerusakan ginjal.
Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk menambahkan bawang dalam masakan.
3. Sayuran rendah kalium
klikdokter.com
Kalium banyak terdapat pada sayuran hijau. Dan ini justru tidak baik bagi penderita gangguan ginjal karena akan memperberat kerja ginjal untuk mengatur keseimbangan kadar kalium.
Namun jangan jadi alasan untuk tidak makan sayur. Kamu bisa mengonsumsi jenis sayuran seperti kembang kol, kubis atau kol, lobak, timun, ataupun terong yang mengandung kalium rendah.
merdeka.com
Melansir cnnindonesia.com (30/08/18), selain ramah ginjal, ternyata kubis mengandung phytochemicals yang bisa melawan radikal bebas sehingga mencegah ginjal dari kerusakan.
Nah dengan sering konsumsi makanan diatas, insya Allah deh ginjal kamu bahagia selalu.
gfycat.com
Sumber : hellosehat.com (15/12/17) dan telah direview oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum