Pesawat China Airlines

10Berita,JAKARTA - China Airlines disebut-sebut mulai melayani rute domestik. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akhirnya buka suara.
Maskapai asal negeri Tirai Bambu itu dikabarkan melayani penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan China Airlines telah meneken MoU dengan Garuda Indonesia. Apa yang dilakukan China Airlines saat ini disebut Budi sebagai code share antara Garuda dengan China Airlines.
Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan menambahkan, hingga saat ini belum ada maskapai asing yang melayani penerbangan domestik di Indonesia.
Menurut Hengki, maskapai China Airlines itu hanya melayani penerbangan dari kota di China menuju ke Bandara Soekarno-Hatta. Untuk penerbangan lanjutannya dilayani Garuda Indonesia.
"Penerbangan dari rute internasional itu kerja sama dengan Garuda. Itu kerja sama di domestiknya. Indonesia juga kerja sama dengan China, dia bisa memanfaatkan rute Garuda," ucapnya.
Menurut Hengki, Garuda Indonesia sebagai anggota Sky Team mempunyai kerja sama dengan China Airlines. Kerja sama ini untuk mengakomodasi para penumpang asal China yang akan berpergian ke Makassar.
"Karena udah ada MoU dengan China Airlines, dia hanya bisa menjual market, tetapi penerbangan domestik nasional itu (tetap dilayani) Garuda," katanya.
Menurut Hengki, dalam dunia penerbangan hal tersebut lumrah terjadi. Sebab hal tersebut bersifat bisnis antar kedua perusahaan maskapai penerbangan dari dua negara berebeda yang sering terjadi juga di luar negeri.
"Itu adalah praktik yang lazim, itu sudah diumumkan oleh maskapainya, ada code sharing sekalian promosi kan," katanya.
Asal tahu saja, berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, China Airlines memang turut memasarkan tiket sejumlah rute penerbangan antar kota di Indonesia.
Ada 18 rute yang ditawarkan, namun dengan kolaborasi nomor penerbangan (flight number) CI (China Airlines) dan GA (Garuda Indonesia).
Selain penerbangan di dalam negeri, terdapat pula kolaborasi bersama Garuda Indonesia dengan rute ke luar Indonesia. Di antara Singapore-Surabaya, Denpasar-Perth, Surabaya-Singapore, dan Perth-Denpasar.
Sumber: RAKYATKU.COM