OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 16 Juni 2019

#MKBukanBawahanTKN Trending Topic

#MKBukanBawahanTKN Trending Topic


10Berita - Pasca sidang perdana gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (14/06/2019), isu hangat mengenai MK dan Pemilu 2019 terus bergulir. Hari ini, Ahad (16/06/2019), mencuat pembahasan tentang Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan MK.

Pembicaraan yang menghangat di media sosial menyebut bahwa MK bukanlah bawahan TKN.

Pantauan hidayatullah.com, Ahad siang, tanda pagar (tagar) #MKBukanBawahanTKN menjadi tren paling dibicarakan di Twitter (trending topic) se-Indonesia.

Lewat tagar #MKBukanBawahanTKN, warganet antara lain mengatakan bahwa MK tidak bisa diintervensi oleh TKN.

Para pengguna media sosial pun berharap MK tetap independen dalam memutuskan perkara gugatan Pilpres 2019.

“Tolong buktikan di bawah Sumpahmu MK! #MKBukanBawahanTKN,” tulis Ahmad Hood ‏ @ahmadhood, Ahad.

“MK jalan terakhir mencari keadilan di negeri ini #MKBukanBawahanTKN #MKBukanBawahanTKN,” tulis @wajiblawan.

Warganet juga menyoroti sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait sidang perdana Jumat.

“Fakta di lapangan jadi 01 harus di diskualifikasi oleh MK @Humas_MKRI tentu setelh semua bkti lainya lengkap dari BPN #MKBukanBawahanTKN #MKBukanBawahanTKN MK milik Rakyat berdaulat yg merdeka,” kicau akun Prof.IwakPeyek @sinaj4333.

Warganet juga ramai-ramai mengungkap kembali fakta-fakta yang disampaikan Tim Kuasa Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada sidang perdana gugatan Pilpres 2019 di MK.

Fakta tersebut antara lain terkait posisi cawapres 01 Ma’ruf Amin pada dua bank syariah milik pemerintah.

“Jangan tegakkan benang basah..😎 Ternyata putusan Mahkamah Agung no. 21 tahun 2017 yang menyatakan bahwa anak perusahaan juga di sebut sebagai BUMN. Itu clear.. Secara hukum kasus KMA ini selesai (Diskualifikasi). #MKBukanBawahanTKN,” tulis @bnopel.

Lewat tagar #MKBukanBawahanTKN, warganet juga membagikan berbagai gambar dan video suasana persidangan perdana tersebut.

Antara lain gambar Ketua KPU Arief Budiman dinilai sedang gelisah dilihat dari gesturnya.

“Kenapa Gelisah cuy 😛🤣 Selow ajalah yaw 🤣🤣 #MKBukanBawahanTKN,” tulis @AnonymousID___  seraya mengunggah video yang memperlihatkan gestur Arief dimana tangannya bergerak-gerak ke sana ke mari sambil duduk dalam persidangan.

Jumat (14/06/2019), MK menggelar sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Gedung MK, Jakarta. Hasil Pemilu 2019 yang diumumkan KPU digugat oleh pihak capres-cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sidang dipimpin langsung oleh Ketua MK Anwar Usman. Dalam pembukaannya, Anwar mengakui MK jika terdiri dari tiga pemangku jabatan strategis. Namun, menurutnya, sejak disumpah, para hakim MK tidak dapat berbuat apa-apa selain perintah undang-undang.

Anwar menyebut, sidang itu selain diikuti oleh masyarakat Indonesia, tapi juga disaksikan oleh masyarakat luar.

“Tetapi sidang ini disaksikan juga oleh Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena itu, kami tidak tunduk dan takut kepada saudara, kami tidak bisa diintervensi, kami hanya tunduk pada Konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang sesuai konstitusi,” sebutnya.

“Kami hanya takut kepada Allah Subhanahu Wata’ala,” akunya juga.

Sumber : hidayatullah