10Berita, Cintamobil.com-Rotasi ban mobil sangat penting untuk dilakukan semua pemilik mobil. Tujuannya agar keausan ban mobil merata dikeempat rodanya termasuk juga ban cadangan. Dan cara merotasi ban ini pun sangat mudah bisa Anda lakukan sendiri di rumah.
Ban merupakan komponen yang penting dalam sebuah kendaraan, karena ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Bukan cuma kenyamanan sebuah kendaraan jadi terganggu, namun keselamatan seluruh penumpang di kendaraan tersebut juga bergantung pada kondisi bannya.
Selain spooring dan balancing yang biasa Anda lakukan untuk merawat ban dan velg, ternyata rotasi ban mobil juga sama pentingnya. Sayangnya banyak pemilik mobil yang tak paham dengan perawatan ban ini. Bahkan tak sedikit yang menyadari jika sebenarnya semua roda pada mobil tersebut perlu dirotasi pemakaiannya.
Karena itulah perawatan ban harus dilakukan dengan seksama. Satu diantaranya melalui rotasi ban mobil. Rotasi ban adalah cara yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Tujuannya agar semua ban memiliki tingkat keausan yang merata, termasuk juga ban serep atau ban cadangan.
Rotasi ban biasanya dilakukan setiap 5000 km jika Anda sering menggunakan mobil tersebut sehari-hari untuk beraktifitas. Atau tiap 10000 km jika Anda hanya menggunakan mobil tersebut saat akhir pekan.
Setiap mobil memiliki jenis sistem penggerak roda yang berbeda, karena itulah rotasi ban mobil tersebut juga berbeda-beda. Ada mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan (front wheel drive), ada yang penggerak roda belakang (rear wheel drive), atau penggerak semua roda (all wheel drive). Sebaiknya Anda cari tahu dulu bagaimana sistem penggerak roda pada mobil Anda melalui buku petunjuk manual penggunaan yang disertakan saat Anda membeli mobil.
Dan kali ini kita akan memberikan tips bagaimana cara rotasi ban yang baik sesuai tipe mobil Anda. Anda tinggal siapkan dongkrak dan kunci ban untuk membongkar keempat ban mobil Anda. Berikut penjelasan cara rotasi ban mobil :
1. Mobil Penggerak Roda Depan (Front Wheel Drive/FWD)
Referensi pihak ketiga
Perhatikan urutan perubahan posisi ban
Ban depan kanan dicopot dan ditukar menjadi ban cadangan. Ban depan kiri dipindah jadi ban belakang kiri. Ban belakang kanan disilang pakai jadi ban depan kiri. Ban belakang kiri disilang jadi ban depan kanan. Ban cadangan dipindah jadi ban belakang kiri
2. Mobil Penggerak Roda Belakang (Rear Wheel Drive/RWD)
Referensi pihak ketiga
Ban cadangan juga harus dirotasi
Ban depan kanan disilang jadi ban belakang kiri. Ban depan kiri dicopot dan jadi ban cadangan. Ban belakang kanan dipindah jadi ban depan kanan. Ban belakang kiri dipindah jadi ban depan kiri. Ban cadangan diturunkan untuk jadi ban belakang kanan
3. Mobil Penggerak Semua Roda (All Wheel Drive/AWD)
Referensi pihak ketiga
Rotasi ban mobil AWD sama dengan mobil RWD
Ban depan kanan digeser jadi ban belakang kiri. Ban depan kiri dicopot untuk jadi ban cadangan. Ban belakang kanan digeser maju jadi ban depan kanan. Ban belakang kiri maju juga jadi ban depan kiri. Ban cadangan ganti fungsinya jadi ban belakang kanan
Demikian cara melakukan rotasi ban mobil Anda sesuai tipe penggerak rodanya. Jika ban dirotasi secara teratur, maka tingkat keausan ban akan lebih merata. (https://www.cintamobil.com)