10Berita, Pilpres dan Pileg telah usai. Jika dalam pilpres konstestasi Prabowo vs Jokowi sudah terlihat siapa yang akan menjadi menjadi pemenang, maka dalam pemilihan legislatif ada tahapan untuk menentukan pimpinan legislatif nantinya.
Sudah beredar kabar jika Puan Maharani sedang disung untuk menjadi Ketua DPR RI. Namun layak kah puteri Megawati ini menjadi pimpinan tertinggi di legislatif? Apakah dia cukup capable? Wajar tentunya ada pertanyaan semacam itu.
Referensi pihak ketiga
Dilansir merdeka.com Sejak pengangkatannya sebagai Menteri PMK, Mbak Puan memang tak pernah luput dari kontroversi atau minimal sorotan wartawan dan para pakar kebijakan publik dan komentator politk. Ia dianggap tidak punya kompetensi memadai untuk menduduki jabatan sekelas Menko.
Banyak pihak percaya, ia dipilih menjadi menteri hanya karena ia anak dari Megawati Soekarnoputri.
Kini salah satu nama yang digadang-gadang bakal menjadi Ketua DPR adalah Puan Maharani. Puan menjadi kandidat kuat sebagai Ketua DPR. Apalagi dalam Pemilu 2019 Puan kabarnya meraup suara tertinggi. Bagaimana peluang Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI?
Puan berpengalaman di eksekutif sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Sedangkan pengalaman di legislatif, Puan menjabat Ketua Fraksi PDIP di DPR RI periode 2009-2014.
Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut putri Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani adalah sosok paling berpeluang menjadi Ketua DPR RI.
"Puan Maharani memang kader PDIP yang paling berpeluang untuk menjadi Ketua DPR RI," kata Basarah kepada wartawan, Senin (13/5) malam.
Wakil Ketua MPR itu mengatakan, legitimasi Puan sebagai calon Ketua DPR diperkuat dengan perolehan suara di Pileg 2019. Puan, kata Basarah memecahkan rekor perolehan suara tertinggi sebanyak 420 ribu suara.
Dalam perjalanannya sebagai Menko, Puan tak bisa lepas dari rongrongan publik. Berbagai survei dilakukan oleh beberapa lembaga berbeda menunjukkan, kepuasan publik terhadap kinerja Menteri Puan selalu rendah. Bahkan banyak responden yang mengaku tak tahu apa saja yang sudah beliau kerjakan.
Tapi untuk memilih pimpinan DPR nyatanya rakyat menang tidak dilibatkan. Suka atau tidak jika seseorang nanti diputuskan menjadi pimpinan maka rakyat akan manut saja. Dan kemungkinan Puan Maharani menjadi Ketua DPR nyatanya memang tinggi sebab berbagi persyaratan memenhi dirinya, terlepas dari masyarakat menyukainya atau tidak.
Sumber: merdeka.com