10Berita, Sahabat UCers, sebagian kita mungkin sering mendengar tentang jin Qorin, yakni jin yang ditugasi mendampingi setiap manusia untuk menggoda dan menyesatkannya.
Nah, ustadz Ammi Nur Baits melalui laman konsultasisyariah.com menuliskan penjelasan lengkap mengenai jin Qorin ini. Ternyata Qorin termasuk setan dari kalangan jin.
Dulu Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya, “Apa itu qorin?”
Beliau menjawab, “Qorin adalah setan yang ditugasi untuk menyesatkan manusia dengan izin Allah. Dia bertugas memerintahkan kemungkaran dan mencegah yang ma’ruf. Akan tetapi, jika Allah memberikan karunia kepada hamba-Nya berupa hati yang baik, jujur, selalu tunduk kepada Allah, lebih menginginkan akhirat dan tidak mementingkan dunia maka Allah akan menolongnya agar tidak terpengaruh gangguan jin ini, sehingga dia tidak mampu menyesatkannya. (Majmu’ Fatawa, 17:427)
Jin Qorin bahkan menyertai Nabi Muhammad shollallahu 'alahi wasallam. Hal ini sebagaimana kisah yang diceritakan oleh Ibnu Mas'ud. Suatu hari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.”
Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?”
Beliau menjawab, “Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.”
Referensi pihak ketiga
Ustadz Ammi Nur Baits dalam tulisannya di laman Konsultasisyariah.com menukilkan penjelasan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Munajid, “Berdasarkan perenungan terhadap berbagai dalil dari Alquran dan sunah dapat disimpulkan bahwa tidak ada tugas bagi jin qorin selain menyesatkan, mengganggu, dan membisikkan was-was. Godaan jin qorin ini akan semakin melemah, sebanding dengan kekuatan iman pada disi seseorang.” (Fatawa Islam, tanya jawab, no. 149459)
Jin Qorin akan meninggalkan manusia begitu manusia itu meninggal dunia. Karena kematian menyebabkan terputusnya amalan seseorang sehingga berakhir pula tugas Qorin untuk menyesatkan manusia.
Adapun cara melindungi diri dari gangguan jin Qorin yakni dengan memperbanyak zikir dan memohon perlindungan kepada Allah. Jika kita sungguh-sungguh melakukan hal ini, insyaaAllah, akan datang perlindungan dari Sang Kuasa.
Dalam Tafsir As-Sa’di dinyatakan, “Kapanpun, dan dalam keadaan apapun, ketika setan menggoda Anda, dimana Anda merasakan adanya bisikan, menghalangi Anda untuk melakukan kebaikan, mendorong Anda untuk berdosa, atau membangkitkan semangat Anda untuk maksiat maka berlindunglah kepada Allah, sandarkan diri Anda kepada Allah, mintalah perlindungan kepada-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar terhadap apa yang anda ucapkan dan Maha Mengetahui niat Anda, kekuatan dan kelemahan Anda. Dia mengetahui kesungguhan Anda dalam bersandar kepada-Nya, sehingga Dia akan melindungi Anda dari godaan dan was-was setan. (Taisir Karimir Rahman, Hal.313)

Sahabat UCers, setiap kita tentulah kerap melakukan dosa dan kesalahan yang bisa jadi merupakan bisikan, rayuan, dan godaan yang dilancarkan Qorin. Maka dengan mengetahui hal ini semoga kita semakin mawas diri, dan banyak-banyak berzikir serta berlindung kepada Allah hingga tak terjerumus dalam lembah kemaksiatan.
Allahu a’lam
---
Sumber Referensi:
konsultasisyariah.com/9029-mengenal-jin-qorin.html