10Berita, Banyak sudah orang yang menggunakan mobil matic, terutama bagi para wanita karena mobil yang menggunakan mesin matic tidak terlalu ribet sehingga mudah untuk di pelajari.
Referensi pihak ketiga
Sehingga adanya mobil matic bisa meningkatkan provit suatu perusahaan. Mobil matic juga sangat bersahabat jika di kendarai di kota jakarta yang sudah terkenal dengan kemacetan nya.
Mengendarai mobil matic yang berada di area yang memiliki tanjakan, maka sebelumnya harus mempunyai acuan untuk memperkirakan tingkat ketinggian yang akan dilewati. Untuk tanjakan yang berada di kota jakarta masih termasuk standar sehingga bisa menggunakan mode D, mode D sudah bisa untuk mengatasi tanjakan yang akan dilewati.
Maka dari simbol D untuk berpindah ke gigi lainnya, Jika di lihat manual, memiliki limit pada kecepatannya dan bukan pada RPM. Maka anda bisa mempelajari seperti yang ada di bawah ini :

Switch ke D3 akan dilakukan dengan cara maxnya sampai pada range gigi 3
Switch ke D2 akan dilakukan dengan cara maxnya sampai pada range gigi 2
Switch ke D1 akan dilakukan dengan cara maxnya sampai pada range gigi 1
Karena setiap mobil juga memiliki tipe – tipe yang berbeda maka untuk gambaran kalian saja bahwa :
Referensi pihak ketiga
D1 max nya berada di 0-30 kpj
D2 max nya berada di 40-50 kpj
D1 max nya berada di 60 kpj
Di awal untuk melakukan perpindahan dari transmisi D ke D3, D2, atau D1 maka anda tidak usah menekan rem dengan penuh, maka anda bisa menekan pada tombol switch pada tongkat persneling maka selanjutnya anda pindahkan.
Apabila pengemudi sedang berada di daerah yang tanjakan nya tinggi seperti di daerah pedesaan atau pegunungan, hal ini tidak cukup jika hanya menggunakan mode D tetapi harus menggunakan transmisi D2 agar bisa digunakan untuk melalui tanjakan tersebut dengan mudah.
Di dekat kota jakarta misalnya daerah puncak yang tanjakan nya juga cukup curam maka bisa menggunakan tuas transmisi pada posisi L. Transmisi pada posisi L juga bisa digunakan saat mobil berada di pertengahan tanjakan dan mengalami ke macetan.

Referensi : showroommobil.co.id/tips-dan-trick/cara-mengemudi-mobil-matic/