wajibbaca.com
10Berita, Dengan peran ginjal yang penting adalah menyaring racun dari dalam darah untuk kemudian dibuang lewat urine. Supaya ginjal bersih dan sehat kamu bisa meminum air kelapa. Rasanya enak dan khasiatnya buat ginjal pun mantap.
Berikut cara kerja air kelapa dalam menjadikan ginjalmu tetap sehat seperti dijelaskan oleh dr. Fiona Amelia MPH dalam klikdokter.com (20/05/18).
1. Menstabilkan kadar gula darah
tribunnews.com
Kadar gula darah yang tinggi sangat erat kaitannya dengan fungsi ginjal. Itulah sebabnya banyak penderita diabetes yang mengalami komplikasi gagal ginjal.
Gula darah yang tinggi jika dibiarkan terus-menerus akan merusak pembuluh darah ginjal. Berdasarkan penelitian terhadap tikus percobaan, diketahui bahwa konsumsi air kelapa bisa menurunkan kadar gula darah.
Hal ini disebabkan dalam air kelapa mengandung mineral magnesium yang bisa meningkatkan kerja hormon insulin sehingga gula tidak menumpuk dalam darah.
2. Mencegah batu ginjal
bmc.org
Terbentuknya batu ginjal akibat menumpuknya senyawa pembentuk kristal seperti oksalat, kalsium, atau asam urat. Kristal ini kemudian akan menempel dalam ginjal dan membentuk batu ginjal. Kalau sudah parah, penderitanya akan kesakitan dan tidak bisa buang air kecil.
Meski masih dalam tahap penelitian lewat tikus percobaan, tapi bisa diketahui bahwa konsumsi air kelapa berpengaruh terhadap peluruhan batu ginjal. Tikus yang terdapat batu ginjal diberi air kelapa. Ternyata jumlah kristal pun berkurang.
Meskipun manfaatnya sangat baik untuk ginjal dan rasanya pun enak, disarankan minum air kelapa tidak lebih dari satu gelas per hari. Karena dalam air kelapa megandung kalium yang jika berlebihan bisa mengganggu irama jantung.
Sumber: UCnews