OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 22 Juli 2019

Meski Sama-sama Manis, Ini Bedanya Kandungan Air Tebu dengan Air Gula

Meski Sama-sama Manis, Ini Bedanya Kandungan Air Tebu dengan Air Gula

Ilustrasi air tebu Foot: Majalah Kartini
10Berita – Tidak cuman jadi bahan baku gula pasir, tanaman tebu kerapkali diproses jadi air tebu yang terkenal dengan rasa manisnya. Akan tetapi, tahukah Anda? Biarpun berasal dari bahan yang sama, kandungan nutrisi air tebu dan air gula biasa ternyata tidak serupa.
Air tebu merupakan olahan alami yang masih mengandung nutrisi asli dari tanaman tebu. Itu penyebab, nutrisi air tebu semakin lebih banyak ragam dibandingkan air gula biasa.
Air tebu memiliki rasa manis khas yang beri kesegaran. Biarpun demikian, nutrisi yang ada pada air tebu tidak cuma terdiri atas gula dan karbohidrat. Ada kandungan gizi lain yang ada pada air tebu, adalah:
1. Kandungan karbohidrat dan indeks glikemik
Gula pasir dan air tebu memiliki kandungan karbohidrat yang tidak serupa. Gula pasir terdiri atas sukrosa, sementara air tebu terdiri atas glukosa dan fruktosa. Ketidaksamaan ini pula punya pengaruh pada indeks glikemik keduanya.
Indeks glikemik yaitu ukuran untuk memberikan sebagaimana cepat karbohidrat dalam makanan di ubah jadi gula darah. Bertambah tinggi nilai glikemik satu makanan, bertambah besar pengaruhnya pada kadar insulin dan gula darah.
Nilai indeks glikemik sekitar di antara 0-100. Gula pasir memiliki indeks glikemik sebesar 68, sedangkan air tebu memiliki indeks glikemik sebesar 43. Nilai ini termasuk rendah sampai-sampai relatif lebih sehatkan.
2. Gula dan kalori
Satu gelas air tebu sejumlah 240 mL mengandung 180 kalori dan 30 gram gula. Selain itu, satu sendok gula pasir terdiri atas 50 kalori dan 13 gram gula. Air tebu memang lebih alami, namun Anda tetap butuh melihat banyaknya yang dikonsumsi.
Departemen Kesehatan RI memberikan saran batas aman mengonsumsi gula harian sebesar 50 gram atau sama dengan 4 sendok makan. Lebih dari itu, Anda terdapat resiko mengalami obesitas, masalah gula darah, sampai penyakit jantung.
3. Antioksidan
Air tebu memiliki kandungan antioksidan yang dimaksud polifenol. Senyawa ini bermanfaat untuk melindungi sel badan dari kerusakan karena radikal bebas ataupun toksin yang berasal dari lingkungan.
Biarpun terbuat dari tebu, kenyataannya gula tidak memiliki kandungan antioksidan. Gula cuma mengandung glukosa.
Polifenol memiliki kegunaan sebagai antiviral, antialergi, dan antiperadangan. Untuk beroleh faedahnya, pilih air tebu alami yang dibuat langsung dari batang tebu.
Baiknya, Anda menghindari air tebu yang telah dikemas karena proses pemrosesan bisa merusak polifenol.
4. Vitamin dan mineral
Air tebu sebenarnya tidak termasuk dalam jejeran makanan kaya vitamin dan mineral. Akan tetapi, minuman ini memiliki beberapa faktor mineral meski cuma dalam banyaknya kecil.
Sebelum diproses, batang tebu mengandung 187 miligram kalsium, 56 miligram fosfor, 4,8 miligram zat besi, 757 miligram kalium, dan 97 miligram natrium.
Jumlah memang dikit, namun lebih baik dibandingkan air gula yang tidak mengandung mineral apapun.
Air tebu ternyata bukan sekadar air gula, tapi minuman kaya kandungan nutrisi. Minuman ini pula memiliki indeks glikemik yang rendah dan mengandung dikit kalori sampai-sampai aman dikonsumsi oleh pasien diabetes.
Jadi, tidak ada kelirunya menyertakan air tebu sebagai varian minuman. Pilih batang tebu bermutu baik dan memiliki permukaan mulus tanpa kotoran. (ria)
Sumber: IDNEWS.CO.ID