OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 15 Agustus 2019

Seorang Taruna Diduga Pendukung HTI, Fahri: Habis #BersihDiriPKI Terbitlah #TerpaparHTI

Seorang Taruna Diduga Pendukung HTI, Fahri: Habis #BersihDiriPKI Terbitlah #TerpaparHTI




10Berita, Jakarta - Di media sosial sempat viral video Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berbicara bahasa Prancis dengan seorang Taruna Akmil keturunan Indo-Prancis, Enzo Zenz Allie.

Namun, Enzo diduga terpengaruh radikalisme karena disebut pernah mendukung Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Hal tersebut terlihat dari foto-foto yang tersebar menggunakan latar bendera HTI.

Hal tersebut membuat Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, bersuara. Fahri menyebut bangsa Indonesia eranya berputar-putar.

"Habis Gelap Terbitlah Terang... Habis Orba terbitlah Reformasi... Habis #BersihDiriPKI terbitlah #TerpaparHTi.... Muter2 lah bangsaku," ujar Fahri seperti dilansir Jitunews dari akun Twitternya, Kamis (8/8).

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyatakan akan memberhentikan anggota taruna TNI yang terbukti terpengaruh radikalisme. Hal tersebut menanggapi indikasi seorang taruna TNI bernama Enzo Zenz Allie yang diduga pernah mendukung HTI.


"Kalau benar, saya suruh berhentiin, nggak ada urusan," kata Ryamizard di halaman Istana Negara, Jakarta pada Rabu (7/8).

Ryamizard mengatakan perlu Penelitian Khusus (Litsus) terkait latar belakang anggota taruna.

"Harus dilitsus, terutama litsusnya adalah masalah Pancasila. Pancasila apa tidak, tentara itu menjalankan Pancasila," tegas Menhan.

Diketahui, Enzo merupakan seorang taruna yang fasih empat bahasa, yaitu bahasa Prancis, bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa Indonesia. Enzo lahir di Prancis, namun kemudian pindah ke Indonesia pada umur 13 tahun setelah ayahnya meninggal dunia dan memiliki status WNI.

Sumber: jitunews.com