OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 09 September 2019

Hak-hak Rasulullah yang Wajib Kita Tunaikan

Hak-hak Rasulullah yang Wajib Kita Tunaikan


10Berita,SEBAGAI orang yang beriman, sudah seharusnya kita menjadikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai idola dan panutan kita. Dan sebagai bentuk kecintaan kita kepada beliau adalah dengan menunaikan hak-hak Rasulullah yang wajib kita tunaikan sebagai umatnya. Di antaranya adalah:
1. Beriman kepada Rasulullah dengan merealisasikan dalam ucapan dan juga perbuatan.
2. Membenarkan seluruh ajaran yang dibawanya.
3. Wajib menaatinya dan tidak ingkar terhadap perintah-perintahnya.
4. Wajib berhukum kepada beliau dan menerima dengan lapang dada segala keputusannya.
5. Menempatkan beliau sesuai dengan kedudukannya tanpa berlebih-lebihan dan juga tanpa memandang remeh.

6. Selalu mengikuti serta menjadikan beliau sebagai teladan dan panutan dalam segala perkara.
7. Lebih mencintai beliau daripada keluarga, harta, anak dan seluruh manusia.
8. Menghormati dan memuliakan beliau sesuai kedudukannya.
9. Menolong agama yang beliau bawa dan membela sunnah beliau serta menghidupkan sunnah itu di tengah-tengah umat manusia.
10. Mencintai ahlul bait dan sahabat-sahabat beliau serta mendoakan kebaikan bagi mereka, Membela kehormatan mereka serta menelaah kehidupan mereka.
11. Dan termasuk bentuk kecintaan kepada Rasulullah adalah dengan banyak bershalawat kepada beliau, sebagaimana firman Allah:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab Ayat 56).

Dan sebagai bentuk kesempurnaan cinta itu, alangkah baiknya kita bershalawat dengan sempurna, bukan ber S.A.W. Karena sungguh itulah salam dan penghormatan yang pantas untuk Nabi kita tercinta, shallallahu ‘alaihi wasallam. Semoga kelak kita mendapatkan syafaat beliau dan dikumpulkan bersama beliau, istri-istri beliau, anak cucu beliau beserta seluruh sahabat dan orang-orang shalih lainnya.
Dan sebagai bentuk kecintaan kita kepada beliau juga, marilah kita menerima kebenaran, apa yang datang dari Allah dan Rasul-Nya.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَنْ يَأْبَى قَالَ مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى
“Setiap umatku akan masuk surga, kecuali orang-orang yang enggan untuk memasukinya. Ada seseorang yang bertanya, siapakah orang yang enggan tersebut wahai Rasulullah? Beliau bersabda, ‘Barangsiapa mentaatiku akan masuk surga, barangsiapa tidak taat kepadaku sungguh dia orang yang enggan masuk surga’.“ []
Sumber: Abdul Malik bin Muhammad al-Qasim. Yaumun fi Bait ar-Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam, Sehari di Kediaman Rasulullah. Jakarta: Darul Haq.

Sumber: Islam pos