OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 18 Oktober 2019

Calon Ibu Kota Baru Membara! Rumah 1.000 Warga Dibakar Massa, Ada Apa?

Calon Ibu Kota Baru Membara! Rumah 1.000 Warga Dibakar Massa, Ada Apa?
 

10Berita,Di sela-sela perhatian publik yang tersedot ke penusukan Menkopolhukam Wiranto dan pelantikan Jokowi, tiba-tiba Calon Ibu Kota baru mencuri perhatian. Terjadi kerusuhan yang mengakibatkan pembakaran rumah warga di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.


Kerusuhan di Penajam Paser Utara (Sumber: inews)
Aksi amuk masa tersebut terjadi kemarin (16/10). Rumah warga yang dihuni seribuan orang di Gang Buaya Kelurahan Penajam dan pelabuhan penyebarangan feri dibakar massa (tempo.co, 17/10).


Kerusuhan Penajam Paser Utara (Sumber: inews)
"Permukiman massa yang dibakar dihuni 1.000 jiwa warga Penajam," terang Iksan, seorang warga Penajam kemarin (16/10).


Rumah Membara di Penajam (Sumber: tribunbatam)
Lalu mengapa sampai terjadi kerusuhan yang menyebabkan pembakaran besar-besaran itu?


Menurut Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Ade Yaya Suryana, pembakaran itu dipicu oleh pengeroyokan yang terjadi pada hari Jum'at (11/10). Pengeroyokan itu karena pengeroyok merasa terganggu oleh suara bising motor warga yang bernama Candra dan Rian (tempo.co, 17/10).

Merasa terganggu, pelaku menantang Candra dan Rian di Pantai Nipah pada malam harinya. Dipantai tersebut Candra dan Rian dikeroyok dan ditikam. Akibatnya Candra meninggal dan Rian dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung, Penajam (tempo.co, 17/10).

Anggota keluarga korban ada yang merasa tidak terima dengan kejadian itu, sehingga menyulut aksi massa yang berujung pembakaran.

"Karena ada anggota keluarga salah satu kelompok yang dikeroyok hingga tewas tidak terima. Padahal pelaku sudah kita amankan," tambah Ade Yaya.

Begitulah, hal sepele karena suara motor bisa menimbulkan kerusuhan dan korban nyawa. Saling menghormati dan menahan diri dalam kasus seperti ini adalah salah satu yang perlu diusahakan untuk menghindarinya...I]
Sumber: UCnews