OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 03 Oktober 2019

Presiden Jinping: Tidak Ada Kekuatan yang Bisa Hentikan China

Presiden Jinping: Tidak Ada Kekuatan yang Bisa Hentikan China

10Berita – Presiden China Xi Jinping menekankan persatuan, pembangunan, dan kekuatan bagi China ke depan. Itu diungkapkan saat peringatan hari ulang tahun Republik Rakyat China ke-70 tahun. “Tidak ada kekuatan yang mampu mengguncang fondasi bangsa besar ini,” tegas Xi, dilansir CNN.
Perayaan yang berlangsung di Lapangan Tiananmen, Beijing di mana Mao Zedong mendeklarasikan berdirinya Republik Rakyat China pada 1 Oktober 1949, Xi menambahkan, saat ini sosialis China berdiri di garda depan dunia. “Tidak ada kekuatan yang bisa menghentikan rakyat China dan bangsa China bergerak ke depan,” katanya di depan ribuan warga China yang mengibarkan bendera.
Pidato Xi lebih menekankan pada nasionalis dan memainkan narasi Partai Komunis untuk jangka panjang. Dia juga bercerita bagaimana China bangkit dari penghinaan selama berabad-abad di bawah kekuasaan Dinasti Qing dan invasi kekuatan kolonial, termasuk Inggris dan Jepang.

Berbicara mengenai demonstrasi di Hong Kong yang telah berlangsung lebih dari tiga bulan, menurut Xi, China harus menekankan strategi satu negara dua sistem dengan pendekatan damai. “Kita akan tetap mempertahankan stabilitas jangka panjang Hong Kong dan Makao, pembangunan hubungan lintas selat, dan melanjutkan upaya unifikasi sempurna negara ini,” jelasnya.



Sumber: Eramuslim