OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 22 November 2019

Disebut Tak Pernah Pakai Otak karena Haramkan Catur, Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad

Disebut Tak Pernah Pakai Otak karena Haramkan Catur, Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad

10Berita,USTAZ Abdul Somad atau sering disebut UAS menanggapi tulisan seseorang yang menyebut dirinya tak pernah pakai otak. Hal ini dikarenakan UAS pernah mengatakan bahwa permainan catur haram.
Video pernyataan UAS yang mengharamkan catur memang viral baru-baru ini. UAS saat itu menjawab pertanyaan dari salah seorang jamaah ketika mengisi tausiyah.
Menanggapi tulisan seseorang yang menyebutnya tak pernah pakai otak tersebut, UAS pun menjawab dengan santun lewat akun Instagram miliknya.

1. Menurut Imam an-Nawawi dari kalangan mazhab Syafi’i: Main catur itu makruh. (Tapi jika melalaikan shalat, jadi haram).
Menurut Imam Malik dan Imam Ahmad: Haram. Imam Malik: Catur lebih jelek dari dadu, karena lebih melalaikan. (Sumber: Syarh Shahih Muslim: juz.15, hal.15).
2. Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani berkata: Ulama ikhtilaf tentang hukum main catur. Sebagian mereka membolehkan, karena membantu strategi perang.
Diantara mereka Imam Sa’id ibn Jubair dan Sya’bi, tapi syaratnya tiga:
A. Tidak judi
B. Tidak melalaikan waktu shalat
C. Menjaga lisan dari kata-kata buruk.
Menurut Imam Syafi’i Makruh tanzih. Menurut sekelompok ulama: haram, seperti dadu.
Sumber: Fatwa-Fatwa al-Azhar. Mufti: Syaikh ‘Athiyyah Shaqar.

1. Saya tulis jawaban ini dalam perjalanan selesai tausiyah di Bogor menuju airport, esok shubuh ke Muara Bungo Jambi.
2. Saya tidak sempat meladeni hal sia-sia. Tapi ini masalah ilmu dan akhlaq. Saya menjawab lengkap seperti jawaban guru-guru saya.
3. Semoga keluarga seword yang selalu menyerang saya diberi rezeki halal, anak-anak sholih dan sholihah, istiqomah dan husnulkhotimah. []
Sumber: islampos