OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 03 November 2019

Film The Santri Terus Dikritik, Ini 4 Sikap Pesantren Mualaf Irena Centre

Film The Santri Terus Dikritik, Ini 4 Sikap Pesantren Mualaf Irena Centre





Foto: Screenshot dari video Trailer Film The Santri

10Berita,KRITIK terhadap film The Santri terus berdatangan. Kali ini giliran Pondok Pesantren Mualaf Irena Center yang menyorot adegan film tersebut.

Trailer film The Santri dinilai mempertontonkan sejumlah perilaku liberal. “Di antaranya pacaran, campur aduk laki-laki dan perempuan, serta membawa tumpeng ke gereja,” demikian keterangan tertulis Pengasuh Pondok Pesantren Mualaf Irena Center, Luqman Hakimi, Jumat (20/9/2019).

Ia menambahkan, apabila dalam trailer tersebut mencerminkan dari keseluruhan film The Santri, maka sikap Pesantren Mualaf Irena Center memberikan pernyataan sebagai berikut:

1. Menolak film The Santri karena tidak mencerminkan perilaku dan tradisi santri yang sebenarnya, yang sesuai dengan syariah Islam, serta telah merusak image pesantren sebagai institusi pendidikan Islam di Indonesia.

2. Mewaspadai film The Santri menjadi sarana menyuburkan perilaku liberal dengan memanfaatkan figure Islam dan pesantren. Hal ini akan membingungkan dan mengecoh masyarakat Indonesia, seakan-akan dengan liberal tersebut baik dan sesuai dengan Islam.

3. Menyerukan kepada masyarakat untuk tidak mennton film The Santri, tidak terkecoh, tetap berpegang teguh pada ajaran Islam yang pasti akan membawa kemaslahatan dunia dan akhirat.

Sebelumnya Ustadz Abdul Somad juga mengkritik adegan muslim masuk gereja mudah-mudi berduaan. Kata dia, menurut mazhab Syafi’i, muslim tidak boleh masuk gereja.

Sumber: Okezone