OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 21 November 2019

Ini 8 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Punya Kolesterol Tinggi

Ini 8 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Punya Kolesterol Tinggi

10Berita,KOLESTEROL berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu, kolesterol juga membantu tubuh dalam proses produksi empedu, vitamin D, serta beberapa jenis hormon, seperti kortisol, testosteron, estrogen, dan progesteron. Tentunya dengan jumlah yang tepat bagi tubuh, yakni tidak lebih dari 200 mg per hari.
Namun jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, terutama kolesterol jahat, maka dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan obesitas. Nah, makanan apa saja yang biasa kita konsumsi sehari-hari yang ternyata mengandung kolesterol tinggi, berikut di antaranya:

Telur


Ilustrasi. Foto: Akurat
Telur bisa dijadikan sebagai sumber protein sehat bila dikonsumsi secara wajar dalam satu hari. Namun, telur ternyata juga mengandung cukup banyak kolesterol, terutama pada kuning telur. Konsumsi terlalu banyak kuning telur akan menyebabkan terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi 4-6 telur per minggu masih termasuk normal, termasuk untuk orang dengan kolesterol tinggi.

Makanan laut


Beberapa jenis makanan laut, seperti lobster, merupakan makanan penyebab kolesterol tinggi. Dalam setiap 100 gr lobster terkandung sekitar 70 mg kolesterol. Untuk mengurangi asupan kolesterol, pilihlah hidangan laut lain, seperti ikan, dan sebaikya olah makanan laut tersebut dengan cara direbus atau dikukus daripada digoreng.

Daging bebek


Daging bebek adalah salah satu makanan dengan kandungan kolesterol lebih tinggi dibandingkan daging ayam. Dalam 100 gr daging bebek, setidaknya mengandung kolesterol sebanyak 80 mg. Sementara, daging ayam dengan porsi yang sama hanya mengandung sekitar 60 mg kolesterol saja. Anda dianjurkan untuk membuang bagian kulit saat mengolah daging bebek guna mengurangi kadar kolesterolnya.

Makanan cepat saji


Makanan seperti burger keju mengandung 85 hingga 175 mg kolesterol dalam satu porsinya. Selain itu minuman soda dan kentang goreng juga memiliki kandungan kolesterol tinggi. Cara menyiasati saat makan makanan tersebut adalah dengan memakan burger dengan isi yang lebih sedikit dan mengonsumsinya sesekali.

Jeroan


Kolesterol tinggi juga terdapat pada jeroan seperti hati hewan. Selain itu, bagian isi perut dan organ hewan, seperti usus, babat, atau otak, mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan bagian dagingnya. Bagian tersebut juga mengandung banyak asam urat. Karena itu, sebaiknya batasi atau bahkan hindari konsumsi jeroan, terutama bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi dan asam urat.

Olahan susu


Makanan penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah produk susu, misalnya keju. Lemak dalam susu biasanya memuat lemak jenuh yang seringkali berdampak negatif pada kolesterol. Asam lemak jenuh pada produk susu dapat meningkatkan kolesterol jahat, LDL.
Untuk menghindari kolesterol tinggi, sebaiknya konsumsilah produk susu hasil fermentasi seperti yogurt atau yang rendah lemak.

1 cup es krim


Satu cup es krim mengandung lemak lebih banyak dibandingkan dengan burger, dan kolesterolnya juga lebih tinggi daripada 10 buah donat. Jadi, lebih baik Anda memilih buah segar untuk pencuci mulut.

Makanan manis dan asin


Makanan manis tidak hanya menaikkan kadar kolesterol jahat, bahkan juga dapat memicu obesitas, serta menurunkan kolesterol baik. Oleh karena itu, makanan-makanan kemasan yang mengandung tambahan gula seperti kue kering, permen, soda, minuman berenergi, dan lain-lain sebaiknya kamu hindari agar tubuh tetap sehat.
Selain itu, makanan asin juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Makanan asin seperti kacang yang disajikan saat lebaran dapat membuat tekanan darah jadi tinggi dan memicu kolesterol. Bahkan makanan asin juga bisa menyebabkan gangguan jantung yang cukup berbahaya jika Anda tetap tidak mengontrol konsumsinya. []
Sumber: Eramuslim