OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 30 Desember 2019

Jika Ada Tanda Stroke Segera Konsumsi 5 Makanan Ini!

Jika Ada Tanda Stroke Segera Konsumsi 5 Makanan Ini!


Referensi pihak ketiga
10Berita,Stroke adalah penyakit yang ditandai dengan gangguan atau berkurangnya aliran darah ke otak karena adanya penyumbatan di pembuluh darah. Stroke adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian dan bahkan cacat. Meski umumnya dialami oleh orang tua, tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga bisa menyerang anak muda.

ada banyak makanan yang terbukti bisa membersihkan pembuluh darah dan mencegah risiko stroke. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Bayam

Kita semua sudah tahu bahwa bayam adalah sayuran yang sehat. Namun yang menarik, ketika sayuran ini dimakan bersama dengan produk susu, tubuh mampu menyerap antioksidan dengan baik dan bayam dikenal dapat mengurangi peradangan dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi, seperti karoten, vitamin K, folat, kalsium, zat besi, dan tinggi serat, yang dikenal dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Alpukat

Mengkonsumsi satu cangkir alpukat yang telah dihaluskan dapat memenuhi sekitar 24 persen dari kebutuhan kalium harian. Selain itu, alpukat dikenal kaya akan asam lemak sehat yang baik untuk jantung dan terbukti mengurangi peradangan. Kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan jenis lemak yang meningkatkan jenis kolesterol baik atau dikenal sebagai HDL.


3. Cokelat hitam

Menurut sebuah penelitian di Nutrients, konsumsi hingga enam porsi cokelat hitam seminggu dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung koroner, diabetes, dan stroke. Cokelat hitam dengan kadar di atas 70 persen mengandung antioksidan, serat, zat besi, magnesium, dan mineral dengan kadar tinggi. Selain itu, phytochemical dalam cokelat hitam dapat membantu membuka pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

4. Biji labu

Biji labu adalah salah satu makanan yang mengandung magnesium tinggi. Dalam satu ons biji labu ada sekitar 168 miligram magnesium yang mampu memenuhi 40-53 persen dari kebutuhan harian magnesium orang dewasa. Selain itu, biji labu juga kaya akan protein, magnesium, kalium, dan lemak tak jenuh yang secara alami mengandung antioksidan dan dapat mengurangi peradangan dan selanjutnya mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan kanker.

5. Tiram

Tiram tidak hanya sumber asam lemak omega-3 yang berguna untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dan tekanan darah, tetapi juga mengandung seng.

Bahkan, dalam enam tiram berukuran sedang, ada sekitar 77 miligram seng, yang jumlahnya jauh melebihi batas makanan yang disarankan, yaitu 11 miligram untuk pria dan 8 miligram untuk wanita.

Sumber: https://www.idntimes.com/health/medical/eka-amira/makanan-sehat-yang-ampuh-cegah-stroke-c1c2/full