OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 04 Maret 2020

Anies Baswedan Minta Warga Yang Alami Gejala Corona Virus Tidak Ke RS. Ini Anjurannya!

Anies Baswedan Minta Warga Yang Alami Gejala Corona Virus Tidak Ke RS. Ini Anjurannya!

10Berita,Pengumuman yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, yang menyatakan sudah ada dua warga negara Indonesia yang positif terjangkit virus Corona, membuat semua level pemerintahan di daerah semakin waspada. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun sudah bertindak lebih sigap dengan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) nomor 16 Tahun 2020, guna mengantisipasi meluasnya penyebaran virus mematikan itu.


Bukan itu saja yang dilakukan oleh Anies Baswedan. Dia pun menegaskan, akan menghentikan sementara proses perizinan sejumlah acara yang mengumpulkan banyak orang di satu lokasi. Bahkan, untuk perizinan yang sudah terlanjur dirilis, akan ditinjau kembali, apakah boleh dilanjutkan atau dibatalkan. Anies juga menghimbau warga ibukota menghindari lokasi-lokasi yang diduga pernah didatangi oleh pasien yang terjangkit virus tersebut.

Kepada warga yang merasakan gejala-gejala terjangkit virus Corona itu, Anies menyarankan agar warga tersebut tidak mendatangi pusat layanan kesehatan seperti puskesmas, klinik maupun rumah sakit. 'Kami minta jangan langsung ke fasilitas kesehatan, tinggal dulu di tempat anda berada,' ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (2/3).

Bukan tanpa alasan Anies meminta hal tersebut. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk menghindari meluasnya spektrum penularan virus ke warga lainnya. 'Jika terdapat gejala, maka telpon ke nomor yang sudah tersedia, yakni 112 dan 119,' inbuh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang direshuffle Jokowi itu. 'Kami yang akan jemput, setelah dilakukan diagnosis pertelpon. Setelah terkonfirmasi, dijemput dan dibawa ke fasilitas kesehatan. SOP-nya begitu,' pungkas Anies.



Sumber artikel :

wartaekonomi.co.id/read274680/anies-minta-warga-yang-punya-gejala-corona-jangan-ke-puskesmas-atau-rs-tapi